Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Plus Dipecah

Kompas.com - 02/03/2015, 16:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Jejaring sosial Google Plus yang selama ini sering diandaikan seperti "kota hantu" mulai tampak nasibnya. Raksasa teknologi Google memutuskan untuk memecah elemen foto milik jejaring sosial itu menjadi "Google Streams".

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (2/3/2015), Vice President of Product Google, Bradley Horowitz, ditunjuk untuk mengepalai layanan produk baru Google itu, yaitu Google Photos dan Streams.

Sundar Pichai, Senior Vice President of Product Google, sempat mengindikasikan langkah Google tersebut dalam sesi wawancaranya dengan Forbes minggu lalu.

"Anda akan melihat kami (Google) lebih fokus pada layanan komunikasi, foto, dan Google+ Streams, alih-alih fokus dalam satu area saja (jejaring sosial Google+)," demikian ujar Pichai.

Namun, fitur Hangouts yang juga ada di dalam Google+ saat ini belum memiliki kepastian. Google belum memutuskan apakah layanan messenger tersebut tetap menjadi satu dengan Google+ atau akan dipisah.

Horowitz sendiri sempat mengatakan bahwa Hangouts memiliki jangkauan yang luas.

"(Hangouts) Bisa untuk berkirim pesan, telepon, bisa dipakai satu orang dengan satu orang, atau dengan banyak orang, bisa untuk konsumen maupun perusahaan," kata Horowitz.

Jika melihat pesaingnya seperti Snapchat atau WhatsApp, yang nilai valuasi sahamnya kian bertambah, maka bisa jadi Google juga mengikuti langkah yang sama dengan memisahkan Hangouts sebagai layanan tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com