Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secanggih Apa Kamera Galaxy S6 dan S6 Edge?

Kompas.com - 02/03/2015, 17:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Samsung akhirnya merilis smartphone Galaxy S6 dan S6 Edge secara resmi dalam sebuah acara yang juga dihadiri oleh wartawan KompasTekno, Oik Yusuf di Barcelona, Minggu (1/3/2015).

Salah satu fitur dalam perangkat Galaxy S6 dan S6 Edge yang diunggulkan oleh Samsung adalah kamera. Menurut Samsung, kamera yang diusung duo smartphone unggulannya itu menjadi peranti yang tepat untuk memotret momen.

Justin Denison, VP Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America mengatakan, "Salah satu tantangan dalam kamera smartphone adalah bagaimana menangani kondisi cahaya yang minim."

Denison mengatakan tantangan itu bisa diatasi dengan kamera dalam Galaxy S6 dan S6 Edge karena kedua smartphone itu telah dilengkapi dengan lensa bukaan lebar f1,9 untuk kamera belakangnya.

Sementara dalam hal resolusi, kamera belakang S6 dan S6 Edge mengemas resolusi tinggi 16 megapiksel.

Untuk kamera depan, Samsung membenamkan sensor 5 megapiksel serta lensa bukaan lebar f1,9 juga. Lebih lebar dari lensa yang diusung pendahulunya S5 yang sebesar f2,0.

"Karena itu S6 dan S6 Edge ini mampu menangkap cahaya 60 persen lebih terang," ujar Denison.

Untuk membuktikannya, Denison membandingkan hasil foto iPhone 6 Plus dan Galaxy S6 dalam kondisi remang di layar panggung. Foto yang dihasilkan Galaxy S6 dan S6 Edge pun diklaim Denison lebih terang dan lebih sedikit noise.

Selain itu, Samsung juga menyertakan fitur sistem image stabilizer dalam kamera sehingga meminimalisir risiko gambar blur saat memotret di kondisi minim cahaya.

Fitur lain yang disertakan antara lain adalah akses cepat terhadap kamera. Pengguna kini bisa mengakses kamera dalam waktu 0,7 detik hanya dengan menekan tombol Home dua kali secara berurutan.

Selain itu, Samsung juga memperkenalkan fitur autofocus bergerak atau AF Tracking. Fitur ini berguna untuk mengunci obyek yang bergerak dengan menekan tombol shutter secara terus menerus. Fitur ini disebut Denison sangat berguna bagi yang suka merekam video.

"Semua fitur di atas itu menjadi yang pertama di dunia," demikian ujar Denison.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com