Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan 4G Pertama Dunia Muncul di Barcelona

Kompas.com - 02/03/2015, 21:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Wired
KOMPAS.com -LG meluncurkan sederet gadget baru di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona. Di antara deretan perangkat tersebut tersebut terdapat dua buah smartwatch, yaitu LG Urbane orisinil dan LTE.

Smartwatch tersebut, sebelumnya telah dirilis di Korea Selatan. LG membawanya ke ajang internasional bergengsi itu untuk memamerkannya kepada khalayak di seluruh dunia.

Smartwatch LG Urbane orisinil merupakan jam tangan pintar biasa yang mengadopsi Android Wear. Bentuknya bulat dengan akses balutan logam yang memberikan nuansa mewah.

Urbane orisinil ini memiliki dapur pacu berupa prosesor Qualcomm Snaopdragon 400 dan RAM 512 MB. Sedangkan kapasitas daya baterainya adalah 410 mAh.

Smartwatch kedua adalah Urbanne LTE. Bentuknya mirip dengan jam tangan pintar LG Urbanne orisinil. Perbedaan baru akan terlihat bila menilik pada segi fitur serta bermacam "jeroan" yang ditanam di tubuhnya.

Urbanne LTE, seperti dikutip KompasTekno dari Wired, Senin (2/3/2015), mengadopsi sistem operasi WebOS hasil pengembangan LG sendiri. Ini berbeda dengan Urbanne versi orisinil yang justru memanfaatkan Android Wear sebagai sistem operasinya.

Dari sisi piranti keras, LG menanamkan sebuah chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM 1 GB pada smartwatch Urbanne LTE. Chipset ini juga memiliki memori internal seluas 4 GB untuk piranti penyimpanan data.

Baterai Li-Ion yang digunakan punya kapasitas daya 700 mAh yang dirancang untuk hidup selama lebih dari satu hari. Bandingkan dengan Urbanne orisinil, baterainya hanya memiliki kapasitas daya 410 mAh dengan kemampuan bertahan selama dua hari.

LG juga memberikan penambahan dari sisi fitur, antara lain dengan menyematkan microphone dan speaker. Kedua fitur tersebut membuat Urbanne LTE bisa dipakai untuk menelepon tanpa harus terhubung pada smartphone.

Kemudian ada juga konektifitas Near Field Communication (NFC) yang ke depannya dapat berguna untuk metode pembayaran mobile.

Rencananya, LG akan meluncurkan smartwatch Urbanne orisinil pada kuartal kedua tahun ini. Versi LTE kemungkinan akan meluncur di saat yang sama. Perusahaan elektronik Korea Selatan ini belum mengumumkan berapa harga banderol untuk kedua jam tangan pintar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com