Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sony Tak Bakal Jual Unit Bisnis Xperia"

Kompas.com - 03/03/2015, 11:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Bulan lalu, CEO Sony Kazuo Hirai mengemukakan rencana perusahaannya untuk memisahkan unit bisnis smartphone dari entitas bisnis Sony. "Tidak menutup kemungkinan untuk mempertimbangkan strategi keluar," kata dia kala itu.

Disinyalir, pemisahan unit smartphone dari kesatuan Sony dipicu keinginan pabrikan asal Jepang ini untuk fokus pada tiga sektor. Yakni Sony Pictures Entertainment (SPE), PlayStation, dan komponen sensor kamera. Selain itu, bisnis yang mengusung ponsel Xperia itu kabarnya tak begitu menguntungkan.

Namun, kabar sebaliknya datang dari Tim Harrison, Wakil Presiden untuk Komunikasi Global dan Hubungan Masyarakat pada Sony Mobile. Harrison menegaskan bahwa Sony tak akan menjual unit Xperia kepada siapapun.

Kata dia, Hirai pun tak bermaksud melontarkan akan menjual Xperia. "Lihat, kami adalah perusahaan yang sedang berkembang, kami harus membuka semua opsi," begitu kata Harrison meluruskan maksud Hirai, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dikutip KompasTekno, Rabu (3/3/2015).

Di hari yang sama, Presiden Sony Mobile Hiroki Totoki berucap bakal berupaya untuk terus mengembangkan unit mobile perusahaannya. "Seandainyapun Sony menjual bisnis smartphone, Sony akan tetap melanjutkan kiprahnya di industri mobile dengan menciptakan software," kata Totoki.

Isu Sony bakal menjual unit bisnis Xperia tampaknya masih menjadi tanda tanya besar. Yang jelas, kemarin Sony baru saja memperkenalkan smartphone teranyarnya Sony Xperia M4 Aqua dan tablet Sony Xperia Z4. Kedua produk itu ditampilkan pada pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com