Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 dan S6 Edge Kok tak Punya Slot Micro SD?

Kompas.com - 03/03/2015, 12:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Sebagai ponsel andalan, sudah barang tentu Galaxy S6 dan S6 Edge dibekali dengan aneka macam fitur dan teknologi terbaru yang bisa disajikan oleh Samsung selaku pembuatnya.

Tapi ada sesuatu yang hilang. Baik Galaxy S6 ataupun Galaxy S6 Edge yang kini telah menganut konsep rancangan unibody tak lagi menyertakan slot kartu memori micro-SD.

Pihak Samsung melalui Senior Manager Global Product Planning Min Seok Kang beralasan bahwa absennya salah satu fitur umum ini didasarkan pada sebuah hasil studi yang dilakukan Samsung.

"Kami menemukan bahwa konsumen kini telah terbiasa menggunakan layanan penyimpanan data berbasis cloud yang populer," kata Kang dalam sebuah sesi wawancara dengan jurnalis dari Indonesia di arena Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol.

Kang yang ikut terlibat dalam perancangan duet Galaxy S6 ini menerangkan bahwa layanan cloud storage nantinya bisa digunakan para pemilik Galaxy S6 dan S6 Plus sebagai solusi penyimpanan untuk mengganti peran kartu memori micro-SD.

"Untuk mendukung hal tersebut, kami juga akan memberikan paket penyimpanan cloud sebesar 100 GB dari Microsoft untuk para pemilik Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge," lanjut dia.

Kedua andalan baru Samsung ini memang turut menyertakan aplikasi Microsoft Skype dan OneNote sebagai bagian dari bundel penjualan. Adapun bonus could storage yang dimaksud Kang diperoleh lewat aplikasi Microsoft One Drive.

Galaxy S6 dan S6 Edge sendiri menawarkan tiga pilihan kapasitas memori internal, yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Media penyimpanan tersebut menggunakan chip flash berjenis UFS 2.0 yang menurut Kang memiliki kecepatan dua kali lebih kencang dibandingkan chip flash eMMC yang biasa digunakan pada ponsel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com