BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo Kesal Produknya Ditiru

Kompas.com - 03/03/2015, 17:46 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beredar ponsel dengan desain fisik yang tidak jauh berbeda dari perangkat milik Oppo, N1. Menanggapi hal tersebut, Oppo menyatakan kekesalannya dan berjanji akan mengambil langkah serius.

Jet Lee, CEO Oppo Indonesia, pun tidak bisa menyembunyikan kemarahannya atas produk yang disebut Oppo sebagai replika ini. Melalui akun Twitter-nya, Lee mengungkapkan kekesalannya.

"Tindakan profesional direfleksikan melalui hasrat dalam mencari inovasi dan menghargai pihak lain," tulis Lee.

"Produk replika apabila dibiarkan beredar akan merugikan banyak pihak, yang terbesar bukanlah dari kami namun calon konsumen kami yang tertipu akan kualitas barang rendah yang menggunakan Oppo sebagai mereknya," ujar Lee dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Selasa (3/3/2015).

Lebih lanjut, Lee membeberkan bahwa tim pihak Oppo pusat akan menyelidiki kasus tersebut. Selain dari segi kesamaan desain, perusahaan asal Tiongkok tersebut juga akan mengusut teknologi yang digunakan di perangkat lain, apakah melanggar hak paten atas teknologi yang dimiliki oleh Oppo atau tidak.

"Kami akan menyelidiki apakah ada kemungkinan produsen lain yang mengklaim teknologi kami, seperti pada mekanisme kamera berputar dan teknologi pengisian daya VOOC Flash Charge, karena kami menemukan indikasi produsen yang mulai meniru paten kami," tambahnya.

Agar tidak tertipu, Lee menyarankan bagi calon konsumen Oppo untuk membeli perangkat dari tempat resmi.

“Langkah terbaik untuk mebeli produk kami melalui experience store dan toko yang menjual produk OPPO di wilayah indonesia, kami sudah menyiapkan frontliner kami pada setiap toko tersebut untuk membantu dan memastikan produk yang dibeli masyarakat adalah Asli,” pungkasnya.

Baca tentang


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com