Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi Note, Smartphone Besar Harga Terjangkau

Kompas.com - 03/03/2015, 20:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Menyusul Redmi 1S yang meluncur lebih dulu, menjelang akhir 2014 Xiaomi mulai memasarkan Redmi Note di Indonesia. Perangkat ini adalah "phablet" Android dengan bentang layar 5,5 inci yang dibanderol relatif terjangkau.

Harga yang dipatok di kisaran Rp 2 juta itu juga menjadi salah satu pesona utama Redmi Note, sekaligus meningkatkan daya saingnya di antara perangkat-perangkat lain dengan ukuran layar sebanding.

Kendati murah, ternyata Redmi Note tak lantas bisa dipandang sebelah mata. Seperti apa phablet andalan Xiaomi di kelas bawah tersebut? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Versi jumbo

Dilihat sekilas, penampilan Redmi Note boleh dibilang bak pinang dibelah dua dengan Redmi 1S. Xiaomi menerapkan desain yang sangat mirip di kedua ponsel ini, termasuk warna dan label pada tiga tombol softbutton di bagian muka.

Bedanya, Redmi Note berukuran lebih besar sehingga ia seoleh terlihat sebagai "versi jumbo" dari Redmi 1S. Ukuran layar di perangkat ini memang lebih besar, yakni 5,5 inci berbanding 5 inci pada Redmi 1S.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Tampak depan dan belakang Xiaomi Redmi Note
Oik Yusuf/ Kompas.com
Cover belakang Xiaomi Redmi Note bisa dilepas untuk mengakses kompartemen baterai
Panel display itu pun terlihat mendominasi sisi depan Redmi Note. Sedikit disayangkan bahwa bagian bingkai (bezel) layar sedikit tebal sehingga memperbesar ukuran fisik Redmi Note secara keseluruhan.

Di atas layar itu bertengger sebuah kamera depan dengan resolusi 5 megapixel, sementara di  bawahnya terdapat deretan tiga tombol softbutton "home", "menu", dan "escape" yang memiliki label berwarna merah.

Untungya, tak seperti pada Redmi 1S, ketiga softbutton ini juga dilengkapi lampu backlight sehingga mudah dilihat saat gelap.

Sisi belakang Redmi Note terbuat dari plastik glossy berwarna putih. Penggunaan bahan ini membuatnya terasa licin dalam genggaman, terutama saat tangan dalam kondisi basah atau berminyak.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Bagian samping kanan Redmi Note memuat tombol daya dan pengatur volume
Oik Yusuf/ Kompas.com
Port micro USB di bagian bawah dan jack audio 3,5mm di sisi atas
Bagian belakang tadi merupakan cover yang bisa dibuka untuk mengakses kompartemen baterai, dua slot SIM card (salah satunya bisa untuk menjalankan koneksi data 3G, lainnya hanya untuk voice), dan sebuah slot micro-SD.

Karena semua slot diletakkan di balik penutup punggung, bagian pinggir bodi Redmi Note pun bersih. Sisi kiri perangkat ini tak memuat tombol atau slot apapun, sementara di kanan terdapat dua tombol pengatur volume dan tombol daya seperti biasa.

Adapun port untuk jack audio 3,5mm dan micro-USB masing-masing ditempatkan di sisi atas dan bawah.

Kualitas konstruksi Redmi Note terbilang baik sehingga perangkat ini tak terkesan murahan. Meski sedikit berat dengan bobot mencapai kisaran 200 gram, tubuhnya pun terasa solid dan padat.

Masih "Jelly Bean"

Seperti Redmi 1S, Redmi Note menjalankan sistem operasi Android yang dilapis antarmuka MIUI versi 5 ala Xiaomi. Interface ini meniadakan app drawer sehingga semua aplikasi dan widget bisa langsung diakses dari homescreen.

Begitupun dengan penghapusan aplikasi, yang bisa dilakukan langsung dari layar utama. Namun pengguna harus pintar-pintar menyusun aneka widget, icon aplikasi, dan folder agar tampilan homescreen tak terlihat membingungkan.

Resolusi layar Redmi Note yang sebesar 1280x720 (HD) rupanya masih memadai untuk menghasilkan tampilan yang tajam dan cemerlang di layar 5,5 inci milik phablet yang bersangkutan.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Tampilan layar homescreen, folder, dan quick settings pada antarmuka MIUI 5 Redmi Note
Sayang, hingga saat ini (firmware versi 40.0) sistem operasi Android yang dijalankan Redmi Note masih mentok di versi 4.2.2 Jelly Bean. Belum jelas betul apakah ia akan memperoleh update OS ke versi berikutnya atau tidak.

Dapur pacu Redmi Note diperkuat prosesor octa-core MediaTek MT6592 yang memiliki delapan buah inti ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,66 GHz dan GPU Mali 450 MP.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Keterangan versi sistem operasi dan komponen hardware Xiaomi Redmi Note, berikut skor benchmark AnTuTu
Chip tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 2GB yang termasuk besar untuk ukuran perangkat phablet di kelas harga yang ditempati Redmi Note. Kombinasi itu menghasilkan skor di kisaran 33.000 di software benchmark AnTuTu.

Redmi Note terasa lincah saat dipakai, tanpa lag yang berarti saat berpindah-pindah aplikasi. Prosesor octa-core dan RAM berkapasitas besar akan terasa manfaatnya ketika menjalankan skenario yang rakus sumberdaya, seperti membuka belasan tab browser sekaligus.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Game populer seperti Asphalt 8 bisa dimainkan, tapi tidak dalam kualitas visual maksimum
Phablet ini pun asyik untuk diajak bermain game, walaupun kinerja dan kualitas tampilan yang dihasilkannya tak mampu menyamai perangkat lain di kelas lebih tinggi. Game Asphalt 8, misalnya, bisa dijalankan dalam kualitas tampilan maksimal tapi berjalan dengan sedikit terpatah-patah sehingga kurang enak dimainkan.

Barulah, ketika setting display diturunkan menjadi "medium" atau di bawahnya, game bisa berjalan lancar tanpa tersendat.

Dalam hal pemakaian "kelas berat" seperti bermain game, kapasitas baterai mencapai 3.100 mAh membantu perangkat ini bertahan lama. Redmi Note bisa beroperasi selama satu hari penuh dalam satu kali pengisian baterai, di bawah kondisi penggunaan normal yang melibatkan pemakaian media sosial, e-mail, instant messaging, browsing, dan pengambilan foto.

Shutter lag

Antarmuka aplikasi kamera pada Redmi Note sama dengan aplikasi serupa pada Redmi 1S, dengan sejumlah opsi pengambilan gambar seperti HDR dan panorama, juga beberapa pengaturan tingkat lanjut seperti ISO dan white balance.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Tampilan antarmuka aplikasi kamera pada Xiaomi Redmi Note
Resolusi kamera utama pada Redmi Note mengalami peningkatan dibanding Redmi 1S, menjadi 13 megapixel pada phablet tersebut. Hasil gambarnya pun lebih tajam saat dipakai mengambil gambar di luar ruangan.

Tone warna yang dihasilkan terbilang mirip dengan foto jepretan Redmi 1S, dengan kontras dan saturasi yang tingi, namun masih cenderung natural.

Namun, hasil jepretan low-light Redmi Note yang memperlihatkan banyak noise tidak sebagus unit kamera 8 megapixel pada Redmi 1S. Dalam kondisi gelap, foto dari Redmi Note akan dengan cepat mengalami penurunan kualitas, menjadi terlihat sedikit buram lantaran banyaknya noise.

Satu masalah yang mengganggu pemakaian kamera pada Redmi Note adalah shutter lag yang cukup lama. Tepatnya, ada jeda waktu sekitar setengah detik antara penekanan tombol shutter dan pengambilan gambar.

Beberapa contoh tangkapan gambar Redmi Note bisa dilihat di bawah.

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil jepretan foto Xiaomi Redmi Note di luar ruangan
Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil jepretan foto Xiaomi Redmi Note di dalam ruangan
Oik Yusuf/ Kompas.com
Contoh hasil jepretan foto Xiaomi Redmi Note di dalam ruangan, dekat jendela
Oik Yusuf/ Kompas.com
Contoh hasil jepretan foto Xiaomi Redmi Note di luar ruangan, kondisi gelap
Phablet murah berkualitas

Redmi Note memang memiliki beberapa kekurangan seperti shutter lag, dan sistem operasi yang masih mentok di Android 4.2.2 Jelly Bean. Namun, secara keseluruhan, Redmi Note bisa dikatakan memberikan nilai yang baik untuk harga yang mesti ditebus.

Pengguna tak akan menemukan aneka fitur gimmick ataupun spesifikasi mentereng pada perangkat ini. Sebaliknya, ia menawarkan fungsi-fungsi dasar yang disusun dengan baik. Redmi Note terlihat biasa saja dan cenderung simple, tapi konstruksi dan komponen-komponennya berkualitas.

Secara keseluruhan Xiaomi terlihat menerapkan konsep yang sama antara Redmi Note dan Redmi 1S, dua perangkat yang menyajikan spesifikasi di atas rata-rata untuk kelas harga masing-masing, meski dengan OS yang agak kadaluarsa.  

Karena itu Redmi Note dan Redmi 1S pun bisa dipandang sebagai "kakak beradik" yang ditujukan untuk pengguna berbeda. Mereka yang menginginkan ponsel ringkas bisa memilih Redmi 1S, sementara yang menginginkan layar lebar bisa mempertimbangkan Redmi Note.

Xiaomi Redmi Note

Kelebihan:
+ Prosesor octa-core
+ RAM 2GB
+ Kualitas konstruksi bagus
+ Harga relatif terjangkau untuk kelasnya

Kekurangan:
- Sistem operasi masih Android 4.2.2 Jelly Bean
- Shutter lag pada aplikasi kamera
- Bezel tebal sehingga membuat ukuran keseluruhan jadi besar

Spesifikasi

Nama Resmi Xiaomi Redmi Note
Faktor Bentuk Full-touchscreen
Bentang dan Jenis Layar 5,5 inci, 1280x720 (267ppi) IPS LCD
Dimensi Fisik 154 x 78.7 x 9.5 mm
Berat 199 gram
Prosesor MediaTek MY6592, octa-core Cortex A7 1,66 GHz, Adreno 305
RAM 2 GB
Media Penyimpanan Internal 8 GB
Slot micro-SD Ya, hingga 32 GB
Kamera Utama 13 Megapixel dengan LED flash
Kamera Depan 5 Megapixel
Kapasitas Baterai 3.100 mAh
Jaringan Seluler GSM/ 3G HSPA
Konektor USB Micro USB
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, jack audio 3,5 mm
Fitur lain Accelerometer, Proximity Sensor, Gyro Sensor, Kompas
Sistem Operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, MIUI 5
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Penerbit 'GTA 6' PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Penerbit "GTA 6" PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Game
TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

Software
HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

Gadget
Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat 'Ngetwit'

Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat "Ngetwit"

Software
Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

e-Business
8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

e-Business
Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Internet
Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Software
HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang 'Membosankan'

HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang "Membosankan"

Gadget
7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Gadget
Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Gadget
Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

e-Business
Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Internet
CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

e-Business
'Fanboy' Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

"Fanboy" Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

e-Business
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com