Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam Galaxy S6 dan S6 Edge

Kompas.com - 04/03/2015, 12:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - "Project Zero" adalah nama sandi untuk smartphone andalan baru dari Samsung yang meneruskan keluarga ponsel seri Galaxy S.

Perangkat itu kini telah mewujud dalam bentuk duet handset Galaxy S6 dan S6 Edge yang kehadirannya resmi diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2015 di Barcelona, Spanyol, awal minggu ini.

Galaxy S6 dan S6 Edge disebut dengan sandi demikian keduanya tidak meneruskan rancangan desain dari model-model terdahulu dalam seri Galaxy S, melainkan dibuat dari nol.

"Kami mengambil langkah ke belakang dan kembali ke awal, back to basic," kata Senior Manager Global Product Planning Samsung Min Seok Kang dalam sesi wawancara di arena MWC 2015 (2/3/2015). "Kami ingin memberikan kepuasan emosional bagi konsumen yang membeli seri Galaxy," lanjut dia.

Nah, seperti apa hasil "rancangan ulang" Samsung pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Kaca dan logam

Setelah banyak dikritik karena terus memakai bahan plastik pada ponsel kelas atasnya, pada Galaxy S6 dan S6 Edge Samsung memutuskan untuk beralih memakai material logam dan kaca untuk cangkang yang membalut kedua perangkat.

Hilang sudah penutup plastik di bagian punggung yang bisa dilepas, berganti tubuh dengan desain unibody dan baterai terintegrasi.

Sisi depan dan belakang Galaxy S6 dan S6 Edge dilapis kaca Gorilla Glass, sementara bagian pinggirnya berbalut logam aluminium yang diklaim memiliki ketahanan tinggi dan tidak akan bengkok.

Oik Yusuf/KompasTekno
Tampak depan Samsung Galaxy S6 (kanan) dan S6 Edge

Oik Yusuf/KompasTekno
Tampak belakang Samsung Galaxy S6 (kanan) dan S6 Edge.

Alhasil, kedua ponsel pun tampil menarik. Materi logam dan kaca segera menarik perhatian kala pertama menggenggam Galaxy S6 dan S6 Edge.

Menurut Min Seok Kang, memang inilah tujuan Samsung dalam merancang ulang seri Galaxy S. "Desain sebuah perangkat adalah hal pertama yang akan Anda lihat," katanya.

Oik Yusuf/KompasTekno
Salah satu contoh pemanfaatan sisi melengkung Galaxy S6 Edge untuk memuat kontak favorit (kiri) dan perbandingan sisi atas Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Dari segi desain ada perbedaan penting di antara Galaxy S6 dan S6 Edge. Galaxy S6 memiliki layar 5,1 inch (2560x1440) dengan desain konvensional, sementara layar pada Galaxy S6 Edge membulat di pinggir kiri dan kanan sehingga menutupi permukaan perangkat di dua sisi tersebut.

Bagian layar yang membulat ini digunakan untuk memuat berbagai notifikasi, misalnya daftar berisi lima orang kontak favorit. Ketika ada panggilan masuk, pemilik Galaxy S6 Edge lantas bisa mengetahui siapa orang yang menghubungi dengan melihat warna pendaran cahaya di sisi layar yang membulat.

Pendaran warna ini bisa terlihat meskipun Galaxy S6 Edge sedang tertelungkup di atas meja karena bentuknya yang membulat tadi.

Oik Yusuf/KompasTekno
Sisi atas dan bawah Galaxy S6 sepintas terlihat seperti iPhone 6 dengan susunan konektor yang mirip dan pinggiran membulat dari bahan logam.
Oik Yusuf/KompasTekno
Galaxy S6 Edge juga mirip iPhone 6 dilihat dari sisi ini. Hanya saja, layarnya sedikit melengkung di pinggir kiri dan kanan.
Penggunaan bahan kaca dan logam memberikan kesan segar setelah smartphone seri Galaxy S mengulang desain yang kurang lebih seragam selama lima generasi. "Kami menggunakan bahan logam aluminium yang kuat. Agar tangguh, lapisan kacanya menggunakan Gorilla Glass 4 yang tahan jatuh," sebut Kang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com