Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penjualan Ponsel Apple Tumbangkan Samsung

Kompas.com - 05/03/2015, 08:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Apple akhirnya menang melawan Samsung. Kemenangan ini  diraihnya dari sisi jumlah smartphone yang dijual sepanjang kuartal empat 2014.

Lembaga riset pasar Gartner menyebutkan perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu berhasil menjual 74,83 juta unit ponsel ke seluruh dunia. Jumlah ini sedikit lebih ditinggi dibanding Samsung, yang pada kuartal serupa telah menggolkan penjualan 73,03 juta unit ponsel.

Seperti dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (4/3/2015), meningkatnya jumlah pembelian smartphone Apple dipicu oleh gawai berlayar jumbo iPhone 6 dan 6 Plus. Mereka bahkan memperoleh keuntungan terbesar 18 miliar dollar AS untuk periode yang berakhir di 27 Desember 2014 itu, berdasarkan data analis S&P Howard Silverblatt.

Menurut perhitungan Gartner, penjualan smartphone Apple melonjak sekitar 49 persen pada kuartal empat. Sedangkan kontrasnya, Samsung yang terkenal mendominasi sejak 2011 justru mencatat penjualannya turun sebesar 12 persen.

"Samsung masih berjuang untuk mengendalikan penurunan pangsa pasarnya di segmen smartphone. Pangsa pasar mereka mengalami penurunan paling signifikan pada kuartal ketiga 2013," ujar analis Gartner, Anshul Gupta.

Perusahaan elektronik Korea Selatan itu digempur dari berbagai sisi oleh pesaingnya. Sebut saja Apple yang akhirnya meluncurkan iPhone berlayar jumbo, kemudian Xiaomi yang menyergap dari bawah dengan lini smartphone murahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com