Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Yoga 2 Pro, Tablet yang Bisa Bikin Bioskop Mini

Kompas.com - 06/03/2015, 14:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo punya ide unik pada perangkat tablet buatannya. Perusahaan Tiongkok itu dengan berani memadukan sebuah proyektor dengan tablet berukuran 13,3 inci.

Hasilnya adala Lenovo Tablet Yoga 2 Pro yang bisa digunakan untuk menembakkan proyeksi film, foto, presentasi dan lainnya ke dinding atau sekadar di kertas putih.

"Proyektornya punya kekuatan 50 lumens, berarti gambarnya maksimal bisa sebesar 50 inci," klaim Capriana Natalia, 4P Tablet Manager - Consumer Lenovo Indonesia.

KompasTekno sempat mencicipi tablet unik berkemampuan proyeksi ini pada Kamis (5/3/2015). Berikut ini ulasan singkat kami mengenai tablet seharga Rp 8 juta itu.

Mirip sepotong layar laptop

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Lenovo Yoga Tablet 2 Pro punya layar berukuran 13,3 inci layaknya sebuah laptop
Menggenggam tablet ini rasanya seperti mendapatkan sepotong layar laptop minus keyboard di tangan Anda. Ukuran 13,3 inci memang biasa digunakan untuk laptop, contohnya saja MacBook Air.

Dengan ukuran besar ini, Yoga Tablet 2 Pro lebih cocok untuk digunakan di rumah ketimbang dibawa-bawa di dalam tas. Terlebih karena bobotnya sekitar 940 gram.

Selain ukurannya yang jumbo, satu hal yang membuat tablet ini beda dari sejenisnya adalah tabung silinder di bawah layar. Tabung ini merupakan tempat bagi baterai, tombol daya, speaker, hingga lensa proyektor milik Yoga 2 Pro.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Lenovo Yoga Tablet 2 Pro dapat diletakkan dalam posisi berdiri karena memiliki stand
Baterai yang tampaknya berukuran besar itu memang punya kapasitas yang tidak tanggung-tanggung. Baterai itu sanggup menampung daya 9.000 mAh untuk menghidupi segala aplikasi dan perangkat keras di dalamnya.

Pada tabung silinder ini disematkan pula sebuah kickstand berbahan logam. Tekanlah tombol yang ada di bagian tengah cover belakang, dekat speaker, maka kickstand itu akan keluar.

Kickstand ini berfungsi sebagai penyangga saat tablet dalam keadaan berdiri 45 derajat, berbaring dengan posisi layar menengadah ke atas, atau digantungkan pada pengait.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Selain punya stand untuk berdiri, Yoga Tablet 2 Pro bisa juga digantung seperti ini
Bobot paling berat akan terasa pada bagian silinder tersebut. Bila ingin nyaman menggenggam tablet ini dengan sebelah tangan, sebaiknya pengguna menggemggamnya tepat pada bagian silinder ini.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Tablet jumbo ini cukup besar dan berat untuk dipegang dengan satu tangan
Layar 13,3 inci ini jadi kelebihan tersendiri ketika digunakan untuk mengetik. Karena ukuran layarnya luas, keybard virtual yang muncul pun cukup besar untuk dioperasikan dengan kedua tangan. Pengalaman mengetik di layar tablet ini akan lebih enak ketimbang mengetik di tablet berukuran lebih kecil.

Lenovo Yoga Tablet 2 Pro pun dibekali kemampuan multitasking. Pengguna bisa membuka sejumlah aplikasi di saat bersaam dengan aplikasi lain. Bentuknya berupa jendela mini yang mengambang di atas aplikasi utama, misalnya ketika mengetik e-mail dan membuka layar peramban atau film.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Lenovo Yoga Tablet 2 Pro juga dibekali kemampuan multitasking
Bioskop mini

Bagian paling menarik dari tablet ini adalah keberadaan proyektor. Pengguna bisa menembakkan gambar berupa foto, film atau presentasi ke medium apapun.

Proyektor bertenaga 50 lumens itu bisa menampilkan gambar sebesar 50 inci. Fitur yang cocok untuk pengguna yang mendambakan hiburan layaknya bioskop di dalam rumah, namun dalam ukuran mini.

Pengguna cukup menaruh tablet ini di meja pada ruangan gelap dan mengarahkan proyektornya ke dinding. Fokus pun dapat diatur secara manual. Sayangnya, gambar yang diproyeksikan itu tidak beresolusi HD sehingga detilnya tidak terlalu detil.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Proyektor pada Lenovo Yoga Tablet 2 Pro dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar ke kain, baju, dinding dan berbagai medium lain

Sebagai kelengkapan hiburan ala bioskop mini, tablet ini juga dibekali dua speaker dan satu subwoofer dari JBL. Suara yang dihasilkanya terdengar nyaring dan jernih, terlebih dengan dukungan Dolby di dalamnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Tablet ini dilengkapi dengan subwoofer garapan JBL dan mode Dolby Surround sebagai penunjang fitur hiburan di dalamnya
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Ada dua speaker di bagian depan Lenovo Yoga Tablet 2 Pro, grill-nya tampak berada di sisi kanan dan kiri bawah layar
Spesifikasi:

- Prosesor : Intel Atom Z3745 quad core 1,86 GHz
- GPU : Intel HD Graphics untuk BayTrail
- RAM : 2 GB
- Memori : internal 32 GB dan eksternal hingga 64 GB
- Sistem Operasi : Android 4.4 KitKat
- Layar : IPS 13,3 inci (2560 x 1440 piksel)
- Kamera : belakang 8 MP, depan 1,6 MP HD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com