Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6: Isi Baterai Cukup “Secangkir Kopi"

Kompas.com - 09/03/2015, 10:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Slide berisi penjelasan tentang kemampuan charging Galaxy S6 sebagaimana disampaikan oleh Senior Manager Global Product Planning Min Seok Kang (2/3/2015)

KOMPAS.com - Salah satu fitur andalan yang ditonjolkan Samsung pada Galaxy S6 adalah kemampuannya melakukan pengisian baterai dengan gegas. Dalam waktu charging 10 menit, perangkat dengan kapasitas baterai 2.550 mAh ini sanggup memberikan waktu pakai hingga 4 jam.

“Kami menciptakan smartphone yang pengisian baterainya lebih cepat dari perangkat-perangkat lain yang manapun di industri ini,” sebut  VP Product Strategy and Marketing Team Samsung Americas Justin Denison dalam acara peluncuran Galaxy S6 di Barcelona (1/3/2015).
 
Menjelaskan lebih jauh tentang durasi yang disebut Denison, Senior Manager Global Product Planning Min Seok Kang menyebutkan bahwa angka tersebut bisa dikuantifikasi dalam ukuran yang lebih konkrit.
 
“Kami bisa bilang bahwa charging 10 menit akan menghasilkan waktu pemutaran video HD selama 2 jam atau 8,5 jam pemutaran musik secara terus menerus,” kata Kang, sambil menambahkan bahwa teknologi rapid charging Galaxy S6 bisa dinikmati oleh pengguna dengan memakai charger khusus yang disertakan dalam paket penjualan perangkat tersebut.

Tentu, waktu pengisian daya yang cepat ini sangat berguna untuk pemilik smartphone yang kerap harus mengisi baterai dalam keadaan terburu-buru. Cukup di-charge dalam hitungan menit, Galaxy S6 bisa bertahan selama berjam-jam.

“Ibaratnya, cukup dengan (waktu yang dibutuhkan untuk minum) secangkir kopi di restoran, Anda bisa mendapat waktu pemakaian yang cukup untuk di perjalanan,” kata Kang memberi gambaran.

Waktu pengisian baterai hingga penuh pun relatif sangat cepat, yakni kurang dari 1,5 jam. Kang menyebutkan bahwa baterai Galaxy S6 bisa diisi dari 0 persen hingga 100 persen hanya dalam waktu 80 menit. Dari 0 persen hingga 50 persen pun hanya memakan waktu 30 menit.

“Angka-angka itu 1,5 kali lebih cepat dibandingkan Galaxy S5, juga dua kali lebih cepat dibandingkan kompetitor kami,” kata Kang.

Selain pengisian baterai yang cepat, Galaxy S6 juga dibekali dengan teknologi wireless charging yang belakangan mulai banyak masuk ke tempat umum seperti bandar udara dan restoran.

Galaxy S6 mendukung dua standar besar WPC (Wireless Power Consortium) dan PMA (Power Matters Alliance).

“Artinya, pengguna bisa menggunakan fasilitas wireless charging di berbagai tempat tanpa khawatir standar apa yang dipakai karena hampir 100 persen bisa digunakan dengan Galaxy S6,” jelas Kang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com