Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2015, 15:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Sebuah petisi online muncul di internet meminta jejaring sosial Facebook menghapus salah satu emoji yang digunakan dalam fitur update status-nya.

Menurut petisi tersebut, Facebook harus menghapus emoji "Feeling fat" atau gemuk, karena istilah tersebut tidak merujuk pada perasaan yang sedang dialami seseorang, melainkan kepada bentuk badan.

"Feeling fat" memang tersedia sebagai salah satu pilihan preset yang ada di menu status update Facebook. Pilihan tersebut menurut kelompok aktivis Endangered Bodies dipercaya bisa merusak kepercayaan diri seseorang.

"Saat pengguna Facebook menggunakan emoji "feeling fat", maka mereka mengolok-olok orang lain yang tergolong gendut, termasuk orang-orang yang memiliki kebiasaan makan dalam jumlah banyak," ujar petisi tersebut.

"Gendut itu bukan sebuah perasaan, melainkan bentuk alami badan, tak peduli berapa pun beratnya, semua bentuk tubuh harus dihormati," imbuh petisi itu.

Petisi yang dibuat oleh kelompok aktivis pemerhati bentuk badan tersebut dibuat di situs Change.org itu dibuat oleh Catherine Weingarten sejak dua minggu yang lalu dan hingga berita ini dinaikkan, telah mendapatkan lebih dari 15.000 dukungan.

Facebook sendiri telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait desakan petisi tersebut.
Menurut Facebook, speti dikutip KompasTekno dari Mashable, Sabtu (7/3/2015), jejaring sosial itu menyediakan sarana bagi orang yang memiliki kepedulian terhadap teman atau orang lain yang memiliki kelainan kebiasaan makan.

Facebook mengatakan akan bekerjasama dengan National Eating Disorders Association untuk memberikan informasi yang relevan dalam sebuah halaman khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com