Baterai Apple Watch Tahan Sepanjang Hari, Asalkan... - Kompas.com

Baterai Apple Watch Tahan Sepanjang Hari, Asalkan...

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 10/03/2015, 11:45 WIB
Techcrunch
Baterai Apple Watch diklaim tahan sepajang hari

KOMPAS.com - Dinihari tadi waktu Indonesia, Selasa (10/3/2015), Apple secara resmi menelurkan kategori produk jam pintarnya, Apple Watch, di Yerba Buena Center for the Arts di San Francisco, AS.

Berbagai teknologi dan fitur yang tersemat dalam Watch membuat banyak analis optimis dengan kehadiran produk ini. Namun, isu yang selalu diragukan sejak Watch pertama kali diperkenalkan pada September tahun lalu adalah ketahanan baterainya.

Berbagai spekulasi yang beredar menyebut teknologi yang ada pada Watch terlampau besar menyerap energi. Sedangkan, bagaimanapun, arloji yang berukuran hanya sebesar pergelangan tangan tentu memiliki baterai yang kecil pula.

Dilansir KompasTekno dari Techcrunch, hari ini dengan bangga Apple menyebut Watch memiliki "all-day battery life" atau ketahanan baterai sepanjang hari. Tentu saja, ada syarat-syarat tertentu dalam penggunaan Watch agar ketahanan baterainya benar-benar sepanjang hari.

Syarat-syarat tersebut antara lain, pengguna melakukan pengecekan waktu 90 kali, menerima 90 notifikasi, menggunakan aplikasi 45 menit, dan 30 menit olahraga dengan diiringi musik. Jika penggunaan lebih dari syarat tersebut, maka ketahanan baterai bisa lebih minim.

Misalnya, jika pengguna menggunakan Apple Watch untuk menelepon, maka dalam tiga jam tanpa henti arloji bakal kehabisan daya. Sama halnya bagi pengguna yang tak henti memutar lagu dengan menyambungkan ke perangkat iPhone, maka selama 6,5 jam tanpa henti Apple Watch bakal kehabisan daya.

Untuk para penggiat olahraga, pastikan tak menggunakan fitur-fitur pendukung olahraga, seperti sensor detak jantung, yang tersemat pada Apple Watch lebih dari 30 menit. Jika pengguna benar-benar ingin memakainya hanya untuk mendukung aktivitas olahraga, maka arloji ini hanya mampu bertahan selama tujuh jam tanpa henti sebelum baterainya harus kembali diisi ulang.

Di luar semua itu, jika Apple Watch benar-benar difungsikan hanya sebagai arloji, ketahanan produk ini dapat mencapai 48 jam. Namun jangan khawatir harus ribet melakukan pengisian ulang sepanjang malam sebelum tidur.

Pasalnya, untuk mengisi baterai hingga 80 persen, Apple Watch hanya butuh waktu 1,5 jam. Sedangkan untuk mengisi baterai penuh hanya dibutuhkan waktu 2,5 jam. Sebelum baterai benar-benar habis, Watch bakal langsung mengganti tampilan menggunakan fitur "Power Reserve".

Fitur ini telah dibocorkan sebelumnya oleh sumber dalam Apple. Fungsinya adalah untuk menghemat penggunaan daya pada Watch dengan otomatis mengubah seluruh tampilan Apple Watch hanya untuk melihat jam dan menonaktifkan semua notifikasi yang masuk. Dengan menggunakan fitur ini, baterai Apple Watch bisa tahan hingga 72 jam.

Apple Watch tersedia dalam dua ukuran, yaitu 38 mm dan 42 mm dan tiga model, yaitu Sport, Regular, dan Edition.

Apple Watch versi Sport, unit arlojinya terbuat dari bahan aluminum alloy dan talinya dari bahan yang tahan benturan dengan dua pilihan warna, silver dan abu-abu.

Untuk versi Regular, unit arloji menggunakan berbahan stainless steel dengan beberapa variasi bahan tali dengan dua pilihan warna, silver dan hitam.

Sedangkan versi Edition, unit arlojinya berbahan emas 18 karat dengan dua pilihan warna, rose dan yellow.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM