Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook Pro Ketambahan "Touchpad" Peka Tekanan

Kompas.com - 10/03/2015, 15:16 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Beta News
KOMPAS.com - Selain merilis MacBook jenis baru, Apple juga mengumumkan berbagai pembaruan untuk produk laptopnya. Kali ini, lini produk MacBook Air dan MacBook Pro yang mendapatkan penyegaran.

Total, ada tiga produk laptop MacBook yang hadir dalam versi baru. Ketiganya adalah MacBook Pro dengan Retina Display 13 inci, MacBook Air 11 inci, dan MacBook Air 13 inci.

Dari segi tampilan, ketiga seri MacBook tersebut tidak mengalami perubahan yang terlalu berarti. Sebagian besar, Apple memberikan pembaruan dari segi spesifikasi internal.

Berikut berbagai pembaruan yang dilakukan oleh Apple, seperti KompasTekno kutip dari BetaNews, Selasa (10/3/2015).

MacBook Pro dengan Retina Display 13 inci

Perubahan yang paling terasa di MacBook Pro dengan Retina Display terletak di bagian trackpad-nya. Apple menghadirkan trackpad baru yang telah didesain ulang dan diberi nama Force Touch.

Sensor yang ada dalam trackpad ini dikatakan "peka tekanan" alias dapat mengenali tekanan jari pengguna. Ketika menekan sesuatu dengan tekanan yang lebih lembut atau lebih kuat, panel sentuh akan memberi respon yang berbeda. Sehingga tindakan pengguna mengklik atau menyentuh di panel sentuh, bakal direspon dengan lebih peka.

Baterai yang ada pada laptop ini ditingkatkan kemampuannya. Komponen yang satu ini diklaim mampu membuat laptop tetap hidup selama 10 jam untuk kegiatan berselancar di dunia maya atau 12 jam untuk menonton video via iTunes.

Dari segi spesifikasi, ia mendapatkan pembaruan dari segi prosesor dan media penyimpanan yang lebih kencang dari MacBook Pro generasi sebelumnya.

Produk ini dijual dengan prosesor generasi kelima Intel Core hingga 3,1 GHz dengan kemampuan meningkatkan kecepatan clock hingga 3,4 GHz. Ada juga chip grafis Intel Iris Graphics 6100 dan media penyimpanan yang diklaim dua kali lebih cepat dari sebelumnya, dengan output 1,6 GBps.

Harga dari perangkat ini sendiri tergantung dari spesifikasi yang dipilih. MacBook Pro dengan Retina Display 13 inci dijual dengan harga dari 1.299 dollar AS atau sekitar Rp 17 juta untuk perangkat dengan prosesor Intel Core i5 2,7 GHz dual-core, RAM 8 GB, dan media penyimpanan 128 GB.

Model teratas dijual dengan harga 1.799 dollar AS atau sekitar Rp 23,5 juta.

MacBook Air 11 inci dan 13 inci

Tidak ada yang banyak berubah dari MacBook versi tipis ini. Keduanya tidak begitu banyak mendapatkan perubahan dari segi tampilan.

Perubahan besar yang dihadirkan datang dari segi spesifikasi. Kedua model ini hadir dengan prosesor generasi kelima Intel Core dengan kecepatan hingga 2,2 GHz yang dapat ditingkatkan menggunakan teknologi Turbo Boost ke kecepatan 3,2 GHz.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Beta News

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com