Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajang "Kekuatan" Smartwatch 3, Sony Sindir Apple Watch

Kompas.com - 10/03/2015, 19:20 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Apple membeberkan berbagai informasi baru perihal jam tangan pintarnya, Watch, dalam sebuah acara peluncuran di Yuerba Buena Center di San Francisco, AS, Senin (9/3/2015) waktu setempat.

Salah satu informasi yang dibeberkan adalah daya tahan baterainya yang diklaim mampu bertahan sepanjang hari atau sekitar 24 jam, tentunya dengan syarat tertentu.

Sony, perusahaan elektronik yang juga bermain di pasar jam tangan pintar, langsung bereaksi terhadap klaim tersebut. Melalui akun Twitter dan Facebook resminya, perusahaan asal Jepang itu seperti mencibir daya tahan baterai Apple Watch.

Menurut mereka, produk jam tangan terbaru mereka, Smartwatch 3, lebih tangguh dengan ketahanan baterai yang mencapai dua hari.

"Lebih jauh lagi dengan daya hidup selama dua hari dari Sony SmartWatch 3," tulis Sony di akun Twitter dan Facebook, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Selasa (10/3/2015).

Techcrunch
Baterai Apple Watch diklaim tahan sepajang hari
Uniknya, "tantangan" tersebut digambarkan dengan cara yang sama dengan Apple. Dalam presentasinya, Tim Cook, CEO Apple, memperlihatkan gambar Apple Watch berukuran besar di sebelah kiri dan dilengkapi dengan tulisan "All-day battery" atau "baterai bisa kuat seharian" di bagian kanan.

Sementara itu, Sony juga memperlihatkan gambar SmartWatch 3 berukuran besar yang dilengkapi tulisan "Two-day battery" atau "baterai selama dua hari" di bagian kanannya.

SmartWatch 3 adalah jam tangan pintar generasi kelima besutan Sony, sekaligus model pertama dari pabrikan Jepang itu yang dibekali dengan sistem operasi Android Wear.

Sama dengan varian berbahan plastik dan karet yang lebih dulu memasuki pasaran, perangkat bernama lengkap SmartWatch 3 SWR50 ini mengusung layar sentuh berbentuk persegi dengan diagonal 1,6 inci (resolusi 320x320).

Di dalamnya tertanam prosesor quad-core ARM A7 berkecepatan 1,2 GHz, dipadu dengan RAM sebesar 512 MB dan media penyimpanan 4 GB. Ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68 pun tetap dipertahankan. Perangkat ini berjalan di sistem operasi Android Wear.

Produk ini dijual dengan harga 249 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta.

Adapun, Apple Watch adalah produk jam tangan pintar besutan Apple. Perangkat ini hadir dalam tiga versi, yakni Sport, Regular, dan Edition. Perangkat ini sendiri dijual dengan harga mulai dari 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 juta hingga ratusan juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com