Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pengguna Siaran Langsung, Twitter Akuisisi Periscope

Kompas.com - 11/03/2015, 10:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Twitter sedang giat-giatnya mendorong fitur video dalam layanan jejaring sosialnya. Setelah memperkenalkan fitur berbagi video bulan lalu, kini Twitter dilaporkan mengakuisisi perusahaan startup video Periscope.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Senin (9/3/2015), Periscope adalah sebuah perusahaan rintisan digital (startup) yang fokus dalam layanan streaming video secara live dari smartphone.

Walau menurut situs web Periscope aplikasi mereka masih Beta, namun ternyata hal itu tidak menghentikan niat Twitter untuk mengakuisisinya.

Berbeda dengan layanan video yang telah diluncurkan Twitter, dimana pengguna hanya bisa berbagi video yang tersimpan di smartphone atau PC, layanan Periscope ini bisa digunakan untuk berbagi video secara langsung.

Layanan tersebut, menurut Recode, cocok digunakan untuk berbagi video penting yang sifatnya Breaking News. Selain berbagi teks, pengguna diharapkan bakal bisa berbagi video secara langsung juga.

Rumor akuisisi Twitter terhadap Periscope itu dikabarkan salah seorang sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut mencapai nilai 100 juta dollar AS, atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Layanan live video streaming serupa saat ini juga telah ada, yaitu Meerkat. Aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari 20.000 pengguna. Beberapa jurnalis juga telah menggunakannya dalam acara peluncuran Apple Watch dini hari tadi.

Namun, bedanya, jika Meerkat seolah menjadi aplikasi pihak ketiga, maka jika Periscope jadi diintegrasikan ke dalam Twitter, maka pengguna tidak perlu lagi memasang aplikasi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com