Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejayaan Xiaomi Diramalkan Tak Bertahan Lama

Kompas.com - 11/03/2015, 21:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Baru melalang buana sekitar lima tahun di industri smartphone, Xiaomi telah berhasil menjadi produsen smartphoneterbesar ke-3 di dunia. Peningkatan pasar yang signifikan agaknya didorong harga perangkat-perangkat Xiaomi yang terhitung murah.

Pun begitu, HTC memprediksi kejayaan Xiaomi tak bakal bertahan lama. "Saya rasa, model bisnis mereka hanya untuk jangka pendek," begitu kata kepala pemasaran HTC yang baru, Idris Mootee, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (11/3/2015).

Mootee juga menganggap Xiaomi sama sekali bukan "ancaman" bagi HTC. Menurutnya, pabrikan asal Tiongkok tersebut hanya akan menguasai pangsa pasar Tiongkok dan beberapa negara Asia. "Xiaomi bukan kompetitor kami. Dengan berbagai alasan, saya ragu mereka bisa masuk ke pasar AS," kata Mootee.

Hanya saja, Mootee tak menjabarkan secara detil berbagai alasan yang ia maksudkan. Seperti diketahui, pada Februari lalu Xiaomi telah berusaha mengekspansi cakupannya ke AS dengan membuka gerai online di sana. Walaupun, untuk sementara, gerai tersebut direncanakan untuk menjual aksesori saja.

Saat ditanya apakah akan menelurkan produk smartphone murah seperti Xiaomi, Moote berkilah hal tersebut bukan pilihan bagi HTC. Menurut Mootee, menjajakan komoditas adalah hal penting bagi tiap vendor gadget, namun itu bukanlah segala-galanya.

"Kalian bisa saja membeli smartphone murah. Tapi apakah kalian akan puas hanya dengan teknologi yang biasa saja ketika saat ini ada banyak teknologi yang sangat canggih? Saya rasa pengguna cenderung mencari yang terbaik walaupun harus merogoh kocek lebih," Mootee menjelaskan ihwal penilaiannya atas pilihan strategi Xiaomi.

Mootee juga mengklaim posisi HTC saat ini lebih stabil dibandingkan Xiaomi. "Smartphone murah datang dan pergi, mereka tak berkelanjutan dan tak menguntungkan. Mereka juga tak membangun sebuah merek, melainkan melulu terkait komoditas. Ini bukan cara bisnis yang kami jalankan," katanya.

Pabrikan asal Taiwan tersebut menganggap sebuah merek harus diperkenalkan sebagai cerita bagi para konsumen. Setiap produk harus digodok dengan menawarkan kisah tertentu, bukan sekadar menjual semurah-murahnya untuk dibeli sebanyak-banyaknya.

Dalam hal ini, Mootee menganggap Apple adalah perusahaan teknologi yang sudah menerapkan konsep tersebut. Produk-produk Apple, di mata Mootee, terlihat lebih bernilai ketimbang hanya sekedar komoditas elektronik. "Mereka (Apple) mengedepankan sesuatu, sesuatu yang lebih besar daripada brand," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com