Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Buka Toko Online Gadget

Kompas.com - 12/03/2015, 11:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google meluncurkan toko online yang fokus untuk menjual produk-produk gadget buatannya. Situs web tersebut diberi nama Google Store dan baru tersedia di beberapa negara saja.

"Dengan semakin banyaknya produk gadget buatan Google, maka kami berpikir sudah waktunya untuk mempermudah pengguna mengenal produk-produk tersebut," demikian tulis Google dalam postingan di blog resminya, Rabu (10/3/2015).

Google Store adalah situs dimana orang-orang bisa membeli gadget-gadget buatan Google, seperti smartphone dan tablet Nexus, laptop Chromebook, peranti streaming Chromecast, dan banyak lagi.

Namun menurut pantauan KompasTekno, layanan Google Store tersebut saat ini belum tersedia untuk wilayah Indonesia. Saat membuka http://store.google.com, halaman tersebut memberikan notifikasi Google Store belum tersedia di wilayah ini.

Google pun memberikan tautan untuk menuju situs web Google Store untuk wilayah AS. Menurut Google, pihaknya saat ini berusaha menyediakan Google Store ke lebih banyak negara secepat mungkin.

Belum jelas negara mana saja yang sudah bisa mengakses Google Store. Google tidak memberikan keterangan lebih detil akan hal ini.

Bisa dimaklumi jika Google Store belum ada di Indonesia, sebab produk-produk gadget Google tersebut di atas juga belum populer di Tanah Air, kecuali smartphone Nexus yang di Indonesia dijual melalui website e-commerce atau modern channel.

Langkah Google membuat situs baru tersebut dikutip KompasTekno dari Cnet, Rabu (10/3/2014) adalah upaya untuk memisahkan diri dari Play Store yang fokus untuk penjualan software aplikasi saja. Sementara Google Store lebih fokus untuk penjualan hardware.

Model bisnis tersebut juga menyerupai model yang selama ini dianut oleh Apple. Produsen iPhone tersebut tetap menjaga toko online yang menjual musik, film, dan aplikasi melalui iTunes dan App Store, sementara gadget-gadget-nya seperti iPhone, iPad, dan Mac dijual di situs web terpisah atau toko fisik Apple Store.

Google juga telah membuka toko fisiknya di dalam salah satu mall di kota London, Inggris. Toko tersebut menjadi toko fisik Google yang pertama di dunia.

Google Shop, begitu Google menyebutnya, juga menjual aneka gadget dan aksesori buatan Google, serta beberapa smartphone Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com