Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Bakal Pakai Colokan seperti Apple

Kompas.com - 13/03/2015, 09:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Tiga hari lalu, Apple merilis MacBook super tipis 12 inci dengan port untuk transfer data jenis USB-C. Beberapa orang pun sempat terkejut ketika Apple mengatakan bahwa MacBook termutakhir hanya menyediakan satu port sambungan dengan dua fungsi.

Selain untuk transfer data, USB-C pada MacBook juga digunakan untuk melakukan pengisian ulang daya. Beberapa orang sempat mempertanyakan, apakah USB-C bakal menjadi awal mula kematian USB standar, ataukah hanya Apple yang bakal menggunakan tipe sambungan tersebut.

Pada Kamis (12/3/2015), mungkin pertanyaan tersebut bakal sedikit terkonfirmasi. Pasalnya, saingan terkuat Apple, Google, turut menggunakan USB-C pada produk Chromebook Pixel teranyarnya.

Bersamaan dengan itu, pihak Google menyebut ponsel-ponsel Android ke depannya juga bakal mengusung perpindahan melalui USB-C. Agaknya jenis penyambungan dengan USB standar yang selama ini kita kenal bakal benar-benar ditinggalkan.

"Google sangat berkomitmen dengan spesifikasi sambungan USB yang baru. Secepatnya dan ke depannya, ponsel-ponsel Android dan Chromebook bakal menggunakan tipe sambungan ini," kata Product Manager Google, Adam Rodriguez, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dikutip KompasTekno.

USB-C memang diklaim lebih praktis, hemat tempat, dan cepat memindahkan data. Standar baru bagi port perpindahan data ini disinyalir mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 10 Gbps serta mentransfer daya hingga 100 watt.

Selain itu, USB-C juga dapat mengalirkan daya dalam dua arah. Efeknya, katakanlah ketika pengguna memasangkan sebuah terminal USB yang mendukung fitur tersebut, maka terminal USB itu juga bisa digunakan sebagai port pengisian daya.

Prediksi bahwa model sambungan ini bakal ramai diadopsi para raksasa teknologi dalam menelurkan produk-produknya sepanjang 2015 bisa jadi benar. Dimulai dari Apple yang selalu menjadi inovator, kemudian Google, lalu selanjutnya perusahaan teknologi yang mana? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com