Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Ungkap Demografi Pengguna Internet Indonesia

Kompas.com - 13/03/2015, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan demografi pengguna internet di Indonesia.

Kepala Humas Kominfo Ismail Cawidu mengatakan, pengguna Internet di Indonesia saat ini mencapai sedikitnya 73 juta atau sekitar 29 persen dari total populasi.

"Dari jumlah pengguna internet itu sekitar 58,4 persen rata-rata di usia 12 hingga 34 tahun," kata Ismail, pada rapat koordinasi Bakohumas se-Sultra di Kendari, Selasa (11/3/2015), seperti dikutip Antara.

Menurut Ismail, orang Indonesia rata-rata menggunakanan internet lima jam setiap harinya melalui laptop/PC dan sekitar dua jam melalui perangkat mobile.

Sementara itu, lanjut dia, warga yang menggunakan media sosial sekitar 62 juta orang atau sekitar 75 persen atau 52 juta diantaranya mengakses media sosial melalui gadget dengan rata-rata waktu yang digunakan sekitar tiga jam per hari.

"Tingkat keaktifan dan ketergantungan/keterikatan pengguna ponsel di Indonesia terbilang tinggi. Setiap satu pengguna handphone rata-rata memiliki tiga SIM card," ujarnya.

Menurut Ismail, warga masyarakat dalam berkomunikasi dan berinformasi telah berubah secara dramatis, karena pengaruh teknologi yang dari hari kehari terus mengalami kemajuan.

Kominfo juga mengakses bahwa, perilaku masyarakat yang menggunakan internet di Indoensia juga variatif, dan akses media sosial menempati urutan tertinggi yakni mencapai 64 persen saat online.

Urutan kedua dan ketiga, pengguna yang hanya mencari informasi, dan mengirim/menerima e-mail dengan persentasi masing-masing 48 persen.

Urutan keemapt, pengunduhan, chatting, dan belajar rata-rata 47 persen dan sisanya bermain game dan mencari informasi dan sebagainya di bawah 35 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com