Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Intel Bersatu Bikin iPhone "Spesial"?

Kompas.com - 13/03/2015, 20:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Tahun depan, Apple kemungkinan akan membuat smartphone iPhone 7 dalam berbagai varian. Salah satu varian yang akan dibuat Apple di 2016 adalah dengan membuat iPhone 7 yang memiliki modem LTE buatan Intel.

Modem Intel XMM 7360 LTE disebut oleh Venture Beat, Kamis (12/3/2014) akan disematkan di salah satu soket dalam papan sirkuit iPhone baru yang akan dirilis tahun depan, menggantikan tempat yang selama ini dipakai oleh chip buatan Qualcomm.

Dua orang sumber yang tidak mau disebut namanya mengonfirmasi hal tersebut kepada Venture Beat. Dikutip KompasTekno, modem XMM 7360 buatan Intel tersebut akan dipasang untuk iPhone 7 yang dijual di pasar negara berkembang, terutama di negara-negara Asia dan Amerika Latin.

Apakah harga jual iPhone 7 dengan chip Intel itu akan dijual lebih murah di pasar negara berkembang, belum bisa dipastikan. Informasi yang didapat Venture Beat hanya menyebut peranti tersebut akan menjadi peranti yang "spesial", kemungkinan berbanderol murah.

Jika benar Apple akan menjual varian iPhone dengan harga murah, hal itu bertentangan dengan strategi Apple dalam memasarkan iPhone selama ini.

Sebagaimana diketahui, Apple selalu meluncurkan iPhone baru tiap satu tahun sekali dengan harga jual yang premium. Nah, setelah versi iPhone baru diluncurkan, barulah Apple menurunkan harga jual iPhone generasi sebelumnya.

Intel
Modem Intel 7360
Menyoal modem Intel XMM 7360, Venture Beat menyebut chip tersebut mendukung kecepatan download hingga 450 megabit per second (Mbps), serta mendukung LTE Category 9/10 dan 3X carrier aggregation.

Modem Intel XMM 7360 pertama kali diperkenalkan oleh Intel di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona awal Maret lalu. Modem ini dijadwalkan oleh Intel akan dipakai di perangkat komersil pada semester kedua 2015.

Chipset tersebut mampu memukau para eksekutif Apple karena memiliki desain yang baik, konsumsi daya yang efisien, serta performanya yang dinilai kencang.

Dengan menggandeng Intel, Apple kemungkinan sedang mencari pemasok chip LTE alternatif yang bisa memenuhi pasokan kebutuhan produksinya.

Selain itu, langkah Apple tersebut juga bisa dibilang sebagai upaya untuk menekan Qualcomm yang selama ini menjadi pemasok utama. Dengan memiliki pemasok kedua, Apple bakal memiliki posisi tawar lebih tinggi dalam hubungannya dengan Qualcomm.

Detil lain tentang spesifikasi iPhone 7 belum diketahui. iPhone dan Intel belum merilis pernyataan resminya tentang kabar kerjasama antara keduanya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com