Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meerkat Berbenah Sebelum Twitter Bisa "Siaran Langsung"

Kompas.com - 18/03/2015, 10:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Meerkat merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan video kejadian atau momen secara langsung ke rekan atau publik. Sejauh ini, penyebaran tautan "siaran langsung" Meerkat sangat bergantung pada Twitter.

Nah, beberapa waktu yang lalu, Twitter menghentikan akses social graph untuk aplikasi "live streaming" Meerkat. Maksudnya, saat pengguna Meerkat pertama kali mendaftarkan akun, teman-teman yang diikuti di Twitter tak lagi serta-merta turut terhubung di Meerkat.

Disinyalir, pemberhentian yang dilakukan Twitter menyusul akuisisi media sosial berlogo burung ini ke kompetitor Meerkat, Periscope. Jadi, besar kemungkinan Periscope bakal mengakomodasi semua fungsi yang sebelumnya dimiliki Meerkat.

Menanggapi hal ini, Meerkat pun tak tinggal diam. Dilansir KompasTekno, Selasa (17/3/2015) dari TheNextWeb, Meerkat hari ini merilis pemutakhiran untuk aplikasinya.

Salah satunya adalah menyediakan fitur pencarian. Jadi, ketika pertama kali terdaftar, pengguna dapat mencari orang-orang yang ingin diikuti di Meerkat tanpa ada embel-embel saran dari Twitter. Untuk membangun social graph sendiri, Meerkat masih terus mencari cara yang paling mudah bagi penggunanya.

Selain itu, Meerkat juga menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses siaran langsung dari pengguna lain yang tak diikuti. Jadi, pengguna tak melulu diterpa siaran langsung dari lingkaran teman saja. Ini dilakukan Meerkat agar siaran langsung yang diakses pengguna lebih beragam.

Fitur lainnya yang tertambah adalah tutorial untuk menggunakan dan memanfaatkan semua fitur di Meerkat. Fitur ini juga khusus bagi pendaftar awal yang baru pertama kali mengakses Meerkat.

Agaknya Meerkat mulai khawatir dengan ancang-ancang dirilisnya Periscope yang baru setelah diakuisisi Twitter. Sebelum Periscope benar-benar siap untuk publik, Meerkat tentu harus gencar menciptakan fitur-fitur teranyar dan inovatif.

Seperti diketahui, Meerkat baru saja dirilis pada akhir Februari lalu. Dalam beberapa minggu ini, pengguna Meerkat terus meningkat.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran langsung dan mengunggah siaran itu ke Twitter. Saat siaran berjalan, pengguna dapat melempar komentar dengan pengguna lainnya. Siaran juga dapat dijadwalkan dan diberi tahu lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com