Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Aplikasi Bersih-bersih Berbayar Bantu Optimalkan ‘Kesehatan” Smartphone

Kompas.com - 20/03/2015, 09:25 WIB
advertorial

Penulis

Sistem operasi Android yang fleksibel banyak dipilih oleh vendor-vendor gadget untuk mengadopsi OS tersebut dalam setiap perangkatnya. Alhasil, smartphone dari berbagai kisaran harga kian semarak di Indonesia mulai dari kelas High-end, Mid-end hingga low-end yang menjangkau semua lapisan masyarakat.

Sistem operasi Android pun sebagai salah satu sistem operasi open source, memungkinkan para developer aplikasi dan operator nirkabel untuk mengembangkan, memodifikasi secara bebas dan mendistribusikan layanan aplikasi butannya. Karena itulah banyak aplikasi tersedia yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan maupun sekadar hobi di Google Play™.

Banyaknya aplikasi tersebut tentu menggoda untuk coba digunakan, satu per satu aplikasi pun ter-install, tak peduli apakah penting atau tidak. Tak terasa, kinerja smartphone juga kian melambat, setiap pengoperasian tiba-tiba saja tak segegas ketika pertama kali dibeli.

Mungkin banyak tak disadari pengguna, penurunan performa tersebut disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang dipasang dan aktifnya proses di background tak diinginkan. Bahkan, aplikasi telah ter-uninstall pun meninggalkan junk files yang ternyata cukup besar, jika hal tersebut dibiarkan terus menerus  akan menumpuk dan memperlambat smartphone.

Kalau sudah begitu, langkah pertama dilakukan biasanya adalah melakukan bersih-bersih terhadap data-data tak penting di smartphone. Namun, langkah tersebut tak cukup, karena banyak ‘file sampah’ berada pada sistem yang tak bisa dihapus manual. Kalau sudah begitu diperlukan aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master atau CCleaner untuk membersihkan file tak diinginkan hingga menghentikan proses yang berjalan sembunyi penyebab Android menjadi lambat.

Aplikasi tersebut tentu saja merupakan versi gratisan dengan berbagai keterbatasan, seperti banyaknya iklan mengganggu, serta fitur-fitur yang dinonaktifkan hingga Anda membeli versi berbayar. Padahal jika diaktifkan fitur-fitur tersebut akan membuat aplikasi ‘bersih-bersih’ ini bekerja lebih optimal.

Sayangnya keinginan membeli aplikasi berbayar seringkali terkendala metode pembayaran online yang membutuhkan kartu kredit maupun debit dalam penggunannya. Tentu saja hal tersebut cukup merepotkan bagi awam yang belum sepenuhnya bisa menggunakan layanan perbankan.

Tapi sekarang tak perlu khawatir lagi membeli konten dari Google Play™, Indosat memperkenalkan  Carrier Billing.Layanan ini merupakan metode pembelian aplikasi, content, game dan buku yang dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan paska bayar Indosat (Matrix).

Pembelian konten digital menggunakan pulsa ini berlaku bagi pengguna smartphone dengan operating system Android dan memungkinkan pelanggan Indosat untuk melakukan pembelian konten digital dengan mudah dan nyaman. Untuk menikmati layanan ini, pelanggan harus memiliki Google Account terlebih dahulu dan sign-in dengan menggunakan account tersebut. Pada pilihan “Payment Option”  pilih “Enable Indosat Billing”, maka untuk selanjutnya metode tersebut yang akan digunakan sebagai metode pembayaran.

Setiap pembelian konten digital melalui pemotongan pulsa IM3 atau Mentari ataupun ditagihkan melalui tagihan Matrix pelanggan, harga akan ditambahkan pajak 12%, sehingga harga dikenakan kepada pelanggan akan lebih tinggi 12% dari harga yang tertera di Google Play™ Store. Tentu hal tersebut setimpal dengan kemudahan dan kenyamanan ditawarkan.

Tak hanya layanan sistem, kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian di Google Play™ Store juga didukung oleh kualitas Jaringan Baru Indosat, setelah selesainya program modernisasi jaringan secara nasional di 23 kota  di seluruh Indonesia.

Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play™ Store ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga kami berharap layanan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian aplikasi, content, game dan buku melalui telepon seluler mereka tanpa perlu menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Hadirnya layanan ini juga sebagai wujud komitmen Indosat bagi masyarakat Indonesia bahwa Indosat selalu menciptakan layanan terbaru dan inovatif serta selalu terdepan di banding kompetitornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Indosat untuk menjadi Operator Telekomunikasi Pilihan bagi para pengguna smartphone.” ujar Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com