Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Penampakan Situs Lawas Apple, HP, dan Intel

Kompas.com - 20/03/2015, 13:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pasca ulang tahun "dot com" ke-30 pada 15 Maret 2015 lalu, Open University mempublikasikan sekumpulan kilas balik tampilan web di tahun 1998. Salah satunya adalah situs Apple yang tampil minimalis.

Situs tersebut sedang memperkenalkan iMac yang hingga kini menjadi salah satu lini produk komputer all in one terfavorit.

"Syukurlah tidak ada hukum yang melarang perusahaan memonopoli ide bagus. Seandainya ada, Apple akan dalam masalah besar karena ide yang dibagikannya kepada orang-orang di Auditorium Apple's Flint Center, Selasa, 6 Mei," tulis situs tersebut kala itu.

Tampilan ini tak beda dengan situs Apple yang ada saat ini. Situs jadul perusahaan asal Cupertino itu bersih, tertata rapi, dan diletakkan dengan apik.

Selain situs Apple, dikutip KompasTekno dari Open University, Kamis (19/3/2015), ada juga tampilan situs-situs perusahaan teknologi lainnya.

Situs tersebut adalah Hewlett-Packard (HP) dan Intel. Situs HP, seperti dalam tampilan tahun 1997 berikut, memuat kisi-kisi tentang tantangan yang akan dihadapi dunia teknologi pada kurun 1990-an, memperkenalkan solusi Year 2000 buatan mereka, serta beberapa komputer untuk usaha kecil menengah.

screenshot
Penampakan situs HP pada 1997 silam
Berikutnya adalah Intel yang kini dikenal sebagai raksasa untuk prosesor komputer desktop. Perusahaan yang bermarkas di Santa Clara itu pada 1997 menggunakan situsnya untuk menampilkan teknologi mobile terbaru di kurun 1990-an. Dalam rekaman situs tersebut juga terlihat Intel sedang mempromosikan Cool PC Software.

screenshot
Penampakan situs Intel pada 1997
30 tahun dot com

Nama dotcom merupakan singkatan dari kata commercial, yang artinya bertujuan untuk situs organisasi komersil. Tepat pada 15 Maret 2015 lalu, dotcom berulang tahun ke-30.

Tanggal ulang tahun itu ditetapkan bertepatan dengan tanggal pendaftaran resmi domain nama internet pertama dunia. Pada saat itu total hanya ada lima domain yang muncul menyusul pendaftaran.

Setelah dua tahun berselang barulah muncul hingga 100 nama domain pertama. Hingga kemudian pada kurun 1995-2000, jumlah pendaftaran situs dengan domain dotcom meroket tajam.

Jumlah situs dotcom pada tahun-tahun tersebut meningkat dari 9.005 hingga 20 juta nama.Kini, berdasarkan data dari Verisign, total sudah ada lebih dari 115 juta situs terdaftar pada akhir 2014 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com