Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor, Hasil Pengujian ZenFone 2 Versi 4 GB

Kompas.com - 21/03/2015, 16:17 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Asus baru saja merilis perangkat dengan spesifikasi yang terbilang canggih, yaitu ZenFone 2. Sebut saja chipset SoC Intel Atom Z3580 64-bit yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB. Perangkat ini merupakan smartphone pertama di dunia yang diperkenalkan dengan RAM sebesar itu.

Nah, pertanyaannya, dengan komponen sementereng itu, apakah ZenFone 2 memiliki performa yang juga apik?

Situs asal Taiwan, ePrice, sudah mendapatkan hasil pengujian dari berbagai aplikasi benchmark, termasuk AnTuTu, PCMark, Geekbench 3, dan Vellamo.

Benchmark Antutu terdiri dari serangkaian tes komprehensif yang mencakup pengujian memori, CPU, serta grafis 2D dan 3D. Tiap kategori dinilai lalu dimasukkan dalam kalkulasi nilai keseluruhan.

Hasilnya? Asus ZenFone 2 dapat mencetak nilai keseluruhan sebesar 47.434. Nilai tersebut lebih tinggi dari beberapa smartphone kelas atas, seperti OnePlus One, HTC One M8, dan Samsung Galaxy S5.

Perangkat tersebut, berdasarkan gambar hasil pengujian yang juga dilansir Phone Arena, hanya kalah dari Galaxy Note 4 dari Samsung dan MX4 dari Meizu.

Sementara itu, berdasarkan pengujian dari Geekbench, ia berhasil mendapatkan skor 912 untuk benchmark menggunakan single-core SoC yang digunakannya dan 2.946 untuk pengujian multi-core.

Nilai pengujian single-core tersebut kalah dari Samsung Galaxy S5, tetapi bisa unggul dari berbagai perangkat papan atas, seperti Galaxy Note 10.1, Nexus 10, dan Moto X.

Sedangkan, untuk pengujian multi-core, ZenFone 2 berhasil menduduki posisi puncak, mengalahkan banyak ponsel lain.

Berdasarkan pengujian tersebut, dapat diketahui, performa Asus ZenFone 2 bisa masuk ke jajaran elit perangkat high-end, meskipun ia memiliki rentang harga perangkat kelas menengah.

ZenFone 2 sendiri, untuk spesifikasi dengan RAM 4 GB dan memori 64 GB akan dijual dengan label harga 9.990 dollar Taiwan atau sekitar Rp 4,2 juta.

Versi yang satu itu hanya sedikit lebih mahal dari ZenFone 4 GB dengan kapasitas 32 GB. Di Taiwan, versi tersebut dijual dengan harga 8.990 dollar Taiwan atau sekitar Rp 3,7 juta.

Sementara itu, produk-produk smartphone high-end berbasis Android lainnya biasanya dibanderol dengan harga 500 dollar AS atau sekitar Rp 6,5 juta.

Berikut hasil pengujian dari berbagai aplikasi benchmark:

ePrice
Hasil pengujian ZenFone 2 menggunakan Antutu
ePrice
Hasil pengujian ZenFone 2 menggunakan benchmark Geekbench 3
ePrice
Hasil pengujian ZenFone 2 menggunakan PC Mark
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com