Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Galaxy S6 Diramalkan Tak Seperti S5

Kompas.com - 22/03/2015, 09:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang pemasarannya secara global 10 April mendatang, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge disambut beberapa prediksi. Akhir tahun lalu, analis dari CitiBank memprediksi penjualan kedua produk bakal menembus angka 46 juta unit sepanjang 2015.

Prediksi itu kemudian semakin tinggi setelah keduanya resmi diperkenalkan pada pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona beberapa saat lalu. Dilansir KompasTekno, Jumat (20/3/2015) dari PhoneArena, penjualan duet S6 sepanjang tahun ini bakal tembus 50 juta unit.

Estimasi itu datang dari perusahaan riset kawakan Taiwan, TrendForce. Prediksi TrendForce tak jauh beda dengan target yang dicanangkan Samsung. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut mematok penjualan S6 dan S6 Edge sebanyak 22 juta unit pada kuartal II 2015 (April-Juni). Selanjutnya, di kuartal III (Juli-September) dan IV (Oktober-Desember), Samsung memasang target 16 juta dan 12 juta unit.

Sepertinya, Samsung benar-benar mempersiapkan S6 dan S6 Edge untuk memperbaiki kesalahan dan kerugian yang dialami dari peluncuran S5. Kita ketahui, penjualan S5 anjlok hingga 40 persen dari yang ditargetkan. Pada tiga bulan pertama sejak dirilis, penjualan S5 hanya mencapai 12 juta unit. Angka tersebut lebih kecil dari angka penjualan S4 di tiga bulan pertama perilisannya.

Tak tanggung-tanggung, Samsung menggodok S6 dan S6 Edge dengan lebih prima. Kedua produk tersebut diklaim sebagai smartphone Android flagship dari Samsung yang menduduki posisi teratas dalam hierarki produk ponsel pintar ciptaannya.

Samsung untuk pertama kalinya menerapkan pemakaian material logam dan kaca secara ekstensif pada tubuh Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang berbalut logam di sisi-sisinya, dengan layar kaca yang membulat di bagian pinggir.

Belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan Galaxy S6 di pasaran-pasaran dunia, tapi bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa banderol perangkat ini bisa mencapai kisaran Rp 15 juta.

Walau baru resmi dipasarkan pada 10 April mendatang, Samsung telah membuka pre-order di negara-negara tertentu, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com