Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC One M7 Mungkin Masih Dapat Android 5.1

Kompas.com - 24/03/2015, 08:23 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pekan lalu, ada sebuah pernyataan yang dipastikan bakal membuat banyak pemilik HTC One M7 patah hati. Mo Versi, Vice President of Product Management HTC, membeberkan dalam akun resmi Twitter-nya, generasi pertama dari HTC One itu tidak akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Akan tetapi, beberapa hari setelah pernyataan tersebut, Versi kembali merilis sebuah pernyataan. Kali ini, ia ingin memberikan sebuah harapan yang menyatakan, perangkat tersebut mungkin saja mendapatkan update Android 5.1 Lollipop.

Dalam pernyataannya, yang juga melalui akun Twitter, Versi membeberkan bahwa bug-bug yang ada di Android 5.0 sebenarnya sudah diperbaiki langsung melalui software milik HTC sendiri. Oleh karena itu, sepertinya pengguna M7 seharusnya tidak perlu mendapatkan Android versi terbaru itu.

"Tetapi, (HTC) mengerti mengenai perhatian Anda (terhadap pembaruan Android 5.1). Stay tuned," tutup tweet Versi, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Selasa (24/3/2015). Nah, banyak yang mengartikan kata "stay tuned" atau "tetap tunggu" sebagai harapan bagi One M7 untuk mendapatkan pembaruan tersebut.

Sebenarnya, spesifikasi yang dimiliki oleh HTC One M7 sudah cukup untuk menjalankan Android 5.1. Dengan RAM-nya yang sebesar 2 GB itu, seharusnya tidak ada masalah bagi perangkat tersebut untuk hadir dengan sistem opersasi Android yang masuk ke keluarga Lollipop ini.

Akan tetapi, perusahaan asal Taiwan tersebut memiliki kebijakan yang menyatakan bahwa mereka akan tetap memperbarui sistem operasi sebuah perangkat selama dua tahun sejak dirilis. HTC One M7 sendiri sudah berumur dua tahun. Namun, dengan pernyataan dari Versi tersebut, apakah HTC akan sedikit memberikan bonus, dengan memberikan pembaruan baru?

Menurut pengalaman sebelumnya, ada kemungkinan HTC sedikit merevisi kebijakan tersebut. Pada bulan Juni 2011 lalu, HTC menyatakan tidak akan menghadirkan pembaruan Android 2.3 Gingerbread di produk Desire. Kala itu, umur Desire pun sudah mencapai dua tahun.

RAM perangkat tersebut memang tidak terlalu besar, hanya 576 MB, menjadi alasan terbesar HTC yang tidak mau melakukan pembaruan. Akan tetapi, setelah menerima banyak komplain, akhirnya HTC menghadirkan pembaruan itu juga.

Caranya dengan menghapus berbagai aplikasi yang tidak dianggap penting sehingga jumlah RAM yang tersedia pun meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com