Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Akhirnya Punya Aplikasi Kolase Foto

Kompas.com - 24/03/2015, 10:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial berbasis foto Instagram akhirnya meluncurkan aplikasi untuk membuat kolase dari banyak foto di galeri kamera.

Kolase foto sebenarnya merupakan salah satu fitur yang ditunggu-tunggu pengguna Instagram. Selama ini, mereka terpaksa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki kemampuan ini.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Instagram, Selasa (24/2/2015), Layout bisa mengombinasikan hingga sembilan foto dalam satu halaman. Aplikasi tersebut diklaim lebih "mulus, intuitif dan memiliki banyak kontrol kreatif."

Pengguna akan disuguhi pilihan tata letak foto saat pertama kali membuka Layout. Mereka kemudian bisa memilih foto apa saja yang ingin dikombinasikan.

Selain mengorganisir banyak foto dalam satu halaman, Layout juga bisa digunakan untuk mengedit foto, seperti membalik, merotasi, atau mengatur besar-kecilnya secara individual.

Terdapat pula pilihan Photo Boot yang memberikan pilihan pengguna memotret langsung dan disertakan dalam kolase.

Layout baru tersedia untuk platform iOS, dan menurut pihak Instagram, versi Android-nya akan segera menyusul dalam beberapa bulan ke depan.

Aplikasi Layout bukanlah aplikasi terpisah pertama yang diluncurkan oleh Instagram. Sebelumnya, jejaring sosial yang telah dimiliki Facebook itu telah merilis Hyperlapse, aplikasi untuk membuat dan berbagi video timelapse.

Tertarik menggunakan Layout? Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com