Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Kamera iPhone Berikutnya Bakal Samai DSLR

Kompas.com - 26/03/2015, 10:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


KOMPAS.com - Saat ini, kamera iPhone bisa dibilang masuk jajaran kamera smartphone terbaik. Tapi, bukan Apple namanya jika tak terus melakukan improvisasi. Pasalnya, perusahaan berlogo apel tergigit baru saja menerima hak paten untuk teknologi kamera smartphone dari kantor paten dan merek AS (The US Patent and Trademark Office (USPTO).

Dilansir KompasTekno, Rabu (25/3/2015) dari DigitalTrends, paten yang dimaksud adalah fitur "true zoom" dan "light splitter". Paten tersebut dikembangkan dari teknologi kamera Apple yang sekarang sudah tersemat di iPhone 6 Plus, yakni Optical Image Stabilization (OIS).

OIS memungkinkan kamera 6 Plus untuk mereduksi gangguan gambar akibat tangan yang bergerak saat membidik. Selain itu, OIS juga diciptakan untuk menghasilkan gambar yang tetap prima walau kondisi cahaya sedang tak bersahabat.

Nah, paten terbaru untuk duet fitur "true zoom" dan "light splitter" bakal jadi perpaduan sempurna dengan OIS. True zoom memungkinkan pembesaran dan fokus objek yang lebih nyata.

Nantinya, lensa zoom produk Apple bakal punya satu lensa yang bisa digerakkan untuk mengontrol fokus yang lebih jelas. Jika sesuai ekspektasi, kamera ini mampu menjaga fokus objek yang dibidik walau pembesarannya atau focal length diubah oleh pengguna.

Sedangkan untuk light splitter atau pemisah cahaya, dimaksudkan agar hasil foto dapat dilihat dengan tingkat akurasi yang mendekati penglihatan nyata. Jadi, gambar awan, hujan, salju, dan gambar-gambar detil lainnya yang biasanya tak tertangkap jelas di kamera smartphone, kini bisa lebih terlihat.

Berdasarkan informasi pada paten yang telah disetujui, kombinasi kedua fitur ini saling menggantungkan optimalisasinya satu sama lain. Tanpa true zoom yang mumpuni, maka light splitter akan sulit diaplikasikan. Ihwalnya, keduanya bertujuan untuk menyajikan hasil foto mendekati kenyataan asli.

Sekali lagi, paten hanyalah paten. Belum tentu pula Apple bakal merealisasikan paten ini. Tapi, bagaimanapun, jika paten ini diimplementasikan ke iPhone 7 atau 8, bisa jadi di tahun-tahun berikutnya kita tak begitu perlu lagi kamera konvensional seperti DSLR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com