Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Berikan Tips Kenali SMS Penipuan

Kompas.com - 27/03/2015, 09:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - SMS penipuan dengan kedok undian berhadiah yang dilakukan operator seluler ternyata juga membuat Telkomsel gerah. Operator plat merah itu pun membagikan tips-nya agar pelanggan tidak terjebak.

"Biasanya penipuan SMS itu menggunakan (domain) situs gratisan, seperti Blogspot dan sejenisnya," dmeikian ujar Vice President Corporate Communication Telkomsel. Adita Irawati saat acara jumpa media di Yogyakarta, Jumat (20/3/2015) lalu.

"Yang resmi dari Telkomsel menggunakan website official, alamatnya pasti Telkomsel.com," imbuh wanita yang kerap disapa Dita itu.

Karena itu, Dita pun mengajak pelanggan untuk lebih jeli dengan SMS-SMS penipuan yang marak beredar. "Kalau menjumpai seperti itu (SMS penipuan), pelanggan hanya punya dua pilihan, hiraukan atau laporkan," katanya.

Telkomsel sendiri menurut Dita tidak menutup mata atas aksi SMS penipuan yang kadang juga mencatut nama Telkomsel. Operator tersebut menurut Dita telah melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti filtering SMS.

"Kita biasanya melihat polanya, kalau jumlahnya (SMS yang dikirim) banyak baru kita melakukan tindakan blokir," ujar Dita.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan upaya filtering SMS berdasar kalimat atau kata yang sering digunakan. Kata-kata tersebut dimasukkan ke mekanisme sistem Telkomsel untuk diblokir.

Namun, upaya tersebut juga diakui Dita masih belum optimal sebab variasi kata dan kalimat yang dipakai kini semakin bertambah banyak.

"Namun kami akan terus berupaya melakukan assesment dan filtering," demikian ujar Dita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com