Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Germanwings Dobrak Pintu dengan Kapak?

Kompas.com - 28/03/2015, 09:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Daily Mail
KOMPAS.com — Harian Jerman, Bild, mengabarkan bahwa pilot atau kapten penerbangan Germanwings 4U9525 mencoba masuk ke dalam kokpit dengan menggedor pintu menggunakan sebuah kapak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapten Patrick Sondenheimer yang keluar dari kokpit tidak bisa masuk kembali karena kopilot Andreas Lubitz mengunci pintu dari dalam, dan membawa pesawat Airbus A320 itu turun menabrak gunung.

Menurut rekaman cockpit voice recorder (CVR) yang dijelaskan oleh jaksa di Marseille, Perancis, pilot memang terdengar berusaha masuk ke dalam kokpit dengan menggedor-gedor pintu, tetapi tidak jelas alat apa yang dipakai untuk menggedor.

Pada Jumat (27/3/2015), koran harian berbahasa Jerman, Bild, dikutip oleh Daily Mail menulis bahwa pilot Sondenheimer menggedor pintu kokpit dengan sebuah kapak.

Pihak maskapai Germanwings mengatakan, pesawatnya memang dilengkapi dengan kapak untuk keadaan darurat. Namun, di sisi lain, Germanwings juga tidak bisa mengonfirmasi bahwa pilot Sondenheimer berusaha mendobrak pintu kokpit dengan kapak atau dengan peralatan lain di galley.

Kampak memang menjadi perlengkapan darurat dalam pesawat A320. Namun, menurut penelusuran KompasTekno dari dokumen yang dirilis Airbus, perlengkapan kapak tersebut harus tersimpan di dalam kokpit, di partisi kokpit sebelah belakang kursi kopilot.

Temuan yang diungkap oleh harian Bild juga belum bisa dikonfirmasi baik oleh pihak investigator ataupun maskapai Germanwings sendiri.

Yang pasti, suara rekaman kokpit menunjukkan pintu digedor-gedor dari sebelah luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com