Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trackpad MacBook Baru Bisa untuk Melukis

Kompas.com - 30/03/2015, 06:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Kabar gembira untuk Anda yang hobi menggambar atau bergelut di bidang desain grafis. Pasalnya, MacBook retina 12 inci bakal mengakomodir kebutuhan Anda yang ingin menggambar dengan lebih praktis.

Seperti diketahui, laptop Apple teranyar itu memiliki trackpad yang sangat sensitif. Trcpad itu bisa mengetahui ketika pengguna menyentuh trackpad dengan pelan atau kuat.

Kemampuan ini sempat membuat khalayak terpesona karena baru pertama kali direalisasikan dalam sebuah produk. Namun, banyak pula yang skeptis dan menganggap kemampuan tersebut hanya ajang pamer kecanggihan tanpa fungsi yang substantif.

Nyatanya, kemampuan super sensitif tersebut membuka ruang gerak bagi pengembang aplikasi. Dilansir KompasTekno, Senin (30/3/2015) dari TheVerge, salah satu aplikasi yang memanfaatkan sensitivitas trackpad MacBook Retina adalah "Drawing app Inklet".

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya menggambar melalui trackpad dan langsung terhubung dengan layar laptop. Sensitivitas trackpad dimanfaatkan untuk memproyeksikan gerakan tangan manusia lewat sebuah pensil digital.

Pensil tersebut diibaratkan kuas digital untuk menorehkan garis ataupun warna. Alhasil, gerak tangan bakal diteruskan sebagai garis-garis penghubung gambar pada layar.

Sebelum adanya inovasi ini, seringkali desainer grafis harus membeli dua perangkat untuk melakukan olah gambar digital, yakni pen tablet dan laptop. Kini, cukup menenteng MacBook super tipis tersebut, pengguna dapat menggambar di mana saja dan kapan saja.

Tak perlu pula adaptasi yang lama untuk terbiasa dengan media trackpad sebagai kanvas. Secara keseluruhan, proses menggambar lewat MacBook akan terasa sama dengan ketika menggunakan pen tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com