Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Pintar Pebble Time Kumpulkan Rp 231 Miliar

Kompas.com - 30/03/2015, 10:30 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pebble Time, mungkin, bukan produk jam tangan pintar yang paling canggih di muka bumi ini. Meskipun begitu, perangkat tersebut bisa dikatakan sebagai yang paling sukses.

Buktinya, perangkat terbaru dari Pebble ini telah dinobatkan menjadi proyek yang paling banyak disumbang di situs crowdsourcing Kickstarter.

Hanya dalam kurun waktu satu bulan, para penyandang dana di situs tersebut telah menyumbangkan uang sebesar 20.338.986 dollar AS atau sekitar Rp 261 miliar.

Secara total, ada 78.471 pengguna Kickstarter yang ikut berpartisipasi dalam proyek tersebut.

"Dari seluruh anggota tim Pebble, kami mengucapkan terima kasih untuk dukungan Anda," tulis Pebble di laman Kickstarter.

Pebble Time sendiri, seperti KompasTekno kutip dari The Next Web, Senin (30/3/2015), telah memecahkan dua rekor di Kickstarter.

Rekor pertama adalah proyek tercepat yang berhasil mendapatkan dana sebesar 1 juta dollar AS. Pebble berhasil mendapatkan dana sebesar itu hanya dalam waktu 49 menit saja.

Rekor kedua, menjadi proyek tersukses. Jam tangan pintar tersebut jauh mengalahkan peringkat kedua, sebuah alat pendingin bernama Coolest Cooler, yang "hanya" mendapatkan dana sebesar 13 juta dollar AS.

Pebble Time merupakan jam tangan pintar generasi ketiga dari Pebble. Ia hadir dengan berbagai macam peningkatan, seperti layar yang berwarna, daya tahan baterai yang diklaim mencapai 7 hari, dan tubuh yang lebih ramping.

Di Kickstarter, Pebble Time bisa didapatkan dengan harga 179 dollar AS. Saat dilepas ke pasar pada bulan Mei mendatang, Pebble Time akan dijual dengan harga 199 dollar AS.

Ini bukan pertama kalinya bagi Pebble meraih kesuksesan di Kickstarter. Pebble generasi pertama dinobatkan menjadi proyek yang paling banyak didanai di tahun 2012 lalu.

Kala itu, Pebble berhasil mendapatkan dana sebesar 10,3 juta dollar AS. Pebble pertama ini sendiri merupakan proyek tersukses nomor tiga dalam sejarah Kickstarter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com