Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ya Tuhan" dan Benturan Logam di Detik Terakhir Germanwings

Kompas.com - 01/04/2015, 13:34 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Daily Mail
KOMPAS.com - Sebuah kartu memori yang berisi video yang menunjukkan momen-momen terakhir saat pesawat Germanwings 4U9525 jatuh di pegunungan Alpen dilaporkan telah ditemukan di antara reruntuhan puing pesawat.

Potongan video tersebut dikutip KompasTekno dari Daily Mail, Selasa (31/3/2015) ditemukan dalam kartu memori yang terpasang di salah satu smartphone milik penumpang.

Namun, koran berbahasa Jerman, Bild yang pertama kali mempublikasi berita tersebut masih menyangsikan keaslian video itu.

Walau rekaman tersebut hanya berdurasi beberapa detik saja, namun menunjukkan adegan suasana yang riuh di dalam kokpit, dengan gambar yang banyak gerakan.

Dua media Eropa, Bild dari Jerman dan Paris Match dari Perancis mengklaim telah menyaksikan rekaman video itu. Jurnalis dari kedua media itu mengaku mendengar teriakan "Ya, Tuhan.." beberapa kali dalam bahasa yang berbeda-beda.

Mereka juga mengaku mendengar benturan suara logam dari dalam kokpit. Suara benturan tersebut disinyalir oleh keduanya adalah upaya kapten pilot Germanwings yang mencoba mendobrak pintu kokpit.

Teriakan penumpang dari dalam kabin terdengar semakin keras saat pesawat nampak menabrak lereng gunung sebelum akhirnya video terputus.

Karena sebagaimana diberitakan sebelumnya, kapten pilot dilaporkan terkunci di luar kokpit, sementara kopilot Andreas Lubitz diduga berupaya menjatuhkan pesawat dengan sengaja dari dalam kokpit.

Sementara pihak yang terlibat dalam operasi evakuasi, Letnan Kolonel Jean-Marc Menichini membantah bahwa penyelidik telah menemukan rekaman video dari sebuah ponsel di lokasi reruntuhan pesawat.

Namun pihak Paris Match mengatakan mendapatkan informasi rekaman video yang dibuat dari kabin belakang pesawat itu dari sumber yang dekat dengan investigasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com