Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jakarta, CEO Sony Mobile Bicara soal Apple Watch

Kompas.com - 01/04/2015, 16:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jam pintar Apple Watch memang mengundang rasa penasaran dari berbagai pihak. Bahkan CEO Sony Mobile pun, yang merupakan salah satu pelopor di ranah wearable device, menaruh "harapan" pada gadget yang satu ini.

"Saya sangat memperhatikan bagaimana kiprah Apple Watch nantinya. Saya pikir ia akan membantu mendorong pertumbuhan pasar (wearable device)," kata CEO Sony mobile Communications Hiroko Totoki dalam sesi wawancara dengan Kompas Tekno di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Totoki mengaku penasaran dengan Apple Watch lantaran produk-produk Apple dipandangnya memberi kontribusi signifikan pada perkembangan industri gadget mobile. Dia mencontohkan smartphone Apple (iPhone) yang membantu pertumbuhan bisnis ponsel pintar di seluruh dunia.

"Faktanya adalah industri smartphone bisa sebesar sekarang ini, antara lain adalah berkat kontribusi Apple juga. Maka, bukan hanya kami, tapi para kompetitor kami pun tertarik memperhatikan seperti apa kiprah Apple Watch ini nantinya," tegas dia.

Kedatangan Apple Watch dipandang Totoki sebagai hal penting yang akan mendorong momentum bisnis wearable device di ranah teknologi. Ini karena pasar wearable device, menurut dia, sekarang masih sangat kecil dibandingkan dengan smartphone.

Totoki memperkirakan pasar wearable device baru berkisar 5 persen dari total pasar smartphone dunia yang mencapai angka 1,3 miliar unit.

"Banyak pemain yang terjun ke ranah ini (wearable device) tanpa mengembangkan pasarnya terlebih dahulu... Ke depannya saya yakin bisnis ini akan tumbuh, tapi untuk sekarang masih kecil, emerging market," tambahnya.

Totoki turut menyoroti masuknya Apple ke pasar jam tangan mewah melalui Apple Watch Edition yang dibanderol dengan harga mencapai belasan ribu dollar AS. Langkah yang memicu pabrikan jam tangan mewah untuk menelurkan berbagai macam produk "smartwatch" ini menurutnya bakal memberi gambaran tentang seperti apa produk yang diminati pasar nantinya.

"Para konsumen akan bisa memilih produk mana yang sesuai dengan selera mereka," ujarnya.

Sony Mobile sendiri merupakan salah satu pionir di bidang wearable device. Pabrikan asal Jepang ini telah memasarkan produk jam pintar bernama SmartWatch sejak beberapa tahun lalu. Belakangan, Sony juga menambah wearable device buatannya hingga ikut mencakup gelang pintar, serta yang terbaru berupa kacamata augmented reality bernama SmartEyeGlass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com