Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BISNIS

Jengkel karena Internet “Downtime”? Ini Penyebabnya...

Kompas.com - 01/04/2015, 16:52 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Tak jarang, saat sedang asyik berselancar di dunia maya, berkunjung dari satu situs ke situs lainnya, tiba-tiba muncul warning "Layanan Tidak Tersedia" atau Error. Jika Anda pernah mengalaminya, kejadian itulah yang disebut dengan istilah downtimeyaitu kondisi web tak dapat diakses dalam jangka waktu tertentu.

Jengkel memang, apalagi jika Anda sedang diburu target pekerjaan. Anda dan perusahaan bukan hanya rugi dari sisi waktu, tapi juga finansial. Lalu, apa yang sebetulnya terjadi di balik downtime?

Terputusnya pasokan listrik

Saat pasokan listrik terputus, keberlangsungan sistem kerja pada server di data center dapat terganggu (uptime). Ini yang disebut dengan downtime.

Kondisi downtime adalah ancaman utama bagi data center, terutama pada negara yang pasokan listriknya kurang baik. Pada saat-saat seperti itu dibutuhkan generator sebagai back up daya dan Uninterruptible Power Supply (UPS). Fungsinya sebagai penahan aliran listrik agar perangkat di data center dapat bertahan sampai generator siap memasok listrik. 

 

www.shutterstock.com Kerusakan komponen pada data center bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya akibat suhu ruangan yang lembab. Aplikasi monitoring power dan cooling dapat menjadi solusinya melalui pengukuran pada jumlah panas yang dihasilkan dari berbagai perlengkapan IT dan sumber panas lainnya.

Untuk itulah, syarat utama membangun data center adalah adanya proteksi dengan sistem cadangan, yaitu cadangan daya dan UPS. Pasalnya, server pada data center tidak boleh mati. Ya, bahkan untuk sedetik pun. Bila terlanjur mati, akan butuh waktu lama untuk mulai kembali menghidupkannya (re-boot) kembali.

Perlu diketahui, efektifitas UPS bergantung pada kebugaran baterai yang masa efektifnya adalah dua sampai empat tahun, tergantung ukuran dan kondisi beban yang di-back up oleh UPS tersebut. Semakin bugar baterai, semakin dapat diandalkan kinerjanya. Oleh karena itu, keseluruhan unit baterai harus diganti secara reguler.

Begitu juga dengan generator. Harus ada pemeliharaan meliputi penggantian komponen, pelumasnya atau radiatornya hingga penggantian secara keseluruhan lantaran umur efektifnya sudah habis.

Kelalaian manusia

Dilansir dari situs Schneider Electric, gangguan terbesar sebetulnya tak hanya datang dari sistem, melainkan juga kelalaian manusia. Situs tersebut menjelaskan, bahwa sistem yang baik juga membutuhkan monitoring yang baik dari Sumber Daya Manusia (SDM). Apakah perencanaan, desain, spesifikasi, hingga berjalannya sistem sudah memadai dan sesuai dengan pengawasan?

Itulah sebabnya, sistem seperti Manajemen Infrastruktur Pusat Data atau Data Center Infrastructure Management (DCIM) sangat dibutuhkan. DCIM berguna untuk meminimalisir kesalahan akibat kelalaian manusia.

Kecerobohan dan kelalaian manusia memang bisa menjadi ancaman terganggunya keberlangsungan data center. Fakta menyebutkan bahwa persentase penyebab downtime akibat kesalahan manusia berada pada angka 60 persen hingga 80 persen.

Untuk mencegah dan meminimalkan gangguan yang terjadi akibat manusia diperlukan pemeliharaan alat-alat atau perangkat yang menunjang keberlangsungan data center. Dengan melakukan pemeliharaan, perangkat atau alat yang sudah tak layak pakai dapat segera diganti atau hanya sekadar diperbaiki secara berkala agar kinerjanya optimal.

Pada dasarnya, pemeliharaan dan perawatan data center dapat dilakukan dengan memperkuat sistem, infrastruktur dan keamanan fisik. Hal pertama harus diperhatikan adalah pengaturan sirkulasi udara dan suhu secara tepat.

 www.shutterstock.com Selain itu, peran data center juga penting bagi aktivitas lain, misalnya sistem dalam mesin ATM, e-commerce, dan banyak lagi. Tak banyak yang tahu, bahwa semua aktivitas itu diolah dan terekam di dalam beberapa server di suatu lokasi bernama data center.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com