Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gear A, Smartwatch Bulat Pertama Samsung

Kompas.com - 09/04/2015, 10:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung menggodok produk smartwatch yang digadang-gadang bakal menyaingin Apple Watch. Untuk pertama kalinya, pabrikan Korea Selatan ini bakal menelurkan smartwatch berkepala bulat.

Dilansir KompasTekno, Rabu (8/4/2015) dari Sammobile, arloji pintar Samsung tersebut bakal dinamai Gear A. Ada dua varian produk yang tersedia.

Yang pertama, Gear A standar dengan konektivitas Bluetooth. Yang kedua, Gear A dengan konektivitas 3G serta dukungan panggilan telepon. Keduanya bakal mendukung koneksi Wi-Fi.

Kedua varian punya keutamaan masing-masing. Untuk varian pertama, pengguna tak perlu bayar mahal untuk koneksi 3G di sebuah smartwatch. Namun, koneksi varian pertama bakal terbatas hanya pada perangkat dan layanan yang memungkinkan layanan Bluetooth.

Sedangkan untuk varian kedua, pengguna bisa lebih fleksibel dan luwes dalam memanfaatkan smartwatch. Namun, pengguna juga harus siap merogoh kocek lebih untuk menyematkan koneksi 3G ke smartwatch.

Beberapa nomor model Gear A untuk berbagai operator (locked) dan yang bebas (unlocked) pada varian 3G telah terungkap. Ada dua nomor utama, yakni SM-R720 dan SM-R730. Operator yang bermitra dengan Gear A antara lain AT&T, Sprint, Verizon, T-Mobile, SKT, KT, dan LG U+.

Belum jelas berapa banderol harga untuk kedua varian Gear A tersebut. Penampakan dan peluncurannya pun masih dirahasiakan. Yang jelas, Samsung berharap produknya dapat memberi opsi bagi masyarakat untuk tak membeli Apple Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com