Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Resmikan P8, Smartphone Berkamera Setara DSLR

Kompas.com - 15/04/2015, 22:22 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Huawei resmi merilis smartphone Android terbarunya, P8 dalam sebuah acara peluncuran di Old Billingsgate, London, Inggris, Rabu (15/4/2015).

"Hari ini Huawei merilis P8. Kami berharap ponsel ini bisa memacu kreativitas," kata Richard Yu, Consumer Business Group Huawei dalam acara peluncuran yang dihadiri langsung jurnalis KompasTekno, Wicak Hidayat.

Smartphone flagship Huawei ini merupakan seri penerus dari P7 yang diluncurkan oleh vendor asal Tiongkok tersebut pada 2014 lalu.

Dari segi desain fisik, Huawei P8 hadir dengan kesan yang premium. Ia memiliki desain unibody berbahan metal. Perangkat ini pun tampak langsing dengan ketebalan hanya 6,4 mm.

Huawei mengklaim kamera P8 setara kamera DSLR berkat disematkannya chip kamera mandiri 13 megapiksel bernama Image Signal Processor. Chip kamera itu, menurut klaim Richard, setara dengan chip yang biasa digunakan di kamera SLR.

Sekadar catatan, biasanya chip kamera yang ada di smartphone lain sudah disatukan atau tergabung dalam System on Chip (SoC).

Chip tersebut dikatakan dapat membantu mengurangi noise saat pengambilan gambar rendah cahaya dan menghasilkan exposure, serta white balance yang lebih baik.

Selain itu, ada juga sebuah sensor yang dinamakan 4 color RGBW (Red Green Blue White). Pada umumnya, sebuah kamera di smartphone dilengkapi dengan sensor warna RGB.

Sensor empat warna tersebut dikatakan Richard dapat membantu meningkatkan hingga 32 persen tingkat kecerahan pada gambar dengan kontras tinggi dan mengurangi hingga 78 persen noise warna dalam cahaya rendah.

"Ini merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi sensor 4 color RGWB," ujar Richard. Untuk kamera depannya sendiri, digunakan sensor 8 megapiksel.

Huawei P8 dilengkapi dengan layar berbentang 5,2 inci. Layar tersebut menutupi perangkat tersebut hingga 78,3 persen tubuhnya.

Dari segi spesifikasi internal, Huawei P8 bakal dilengkapi dengan prosesor Kirin 930 64-bit 2 GHz octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB. Untuk masalah media penyimpanan, ada dua pilihan yang tersedia, yakni 16 GB dan 64 GB.

Perangkat ini berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dipercantik dengan tampilan antarmuka EMUI 3.1.

Produk tersebut juga dilengkapi dengan baterai 2.680 mAh yang diklaim dapat bertahan hidup selama seharian penuh, meski dipakai dengan intensitas tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com