Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Curang Pecatur Profesional Dibantu iPhone di Toilet

Kompas.com - 16/04/2015, 11:01 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Seorang pecatur asal Georgia, Grand Master Gaioz Nigalidze, ketahuan berbuat curang dalam sebuah pertandingan internasional. Ia diketahui menggunakan sebuah aplikasi dalam iPhone sebagai alat bantu memenangkan pertandingan.

Seperti KompasTekno kutip dari Mashable, Rabu (15/4/2015), kisah ini bermula ketika Tigran Petrosian, seorang Grand Master asal Armenia, melaporkan Nigalidze kepada panitia pertandingan Dubai Open, kompetisi yang sedang dijalani kedua Grand Master tersebut.

Petrosian mengeluhkan, Nigalidze terlalu sering meminta izin untuk ke toilet. Tidak lama, diketahui juga bahwa Nigalidze selalu menggunakan bilik yang sama setiap kali ke kamar kecil. Setelah diselidiki, ditemukan sebuah iPhone yang diletakkan dalam tempat sampah di bilik tersebut.

Awalnya, Nigalidze menyanggah bahwa iPhone tersebut miliknya. Akan tetapi, pihak panitia menemukan kejanggalan baru, iPhone tersebut ternyata sedang login ke akun Facebook Nigalidze.

Selain itu, ditemukan sebuah aplikasi catur, memperlihatkan posisi bidak catur yang serupa dengan permainan berjalan saat itu. Tidak dijelaskan apa fungsi aplikasi tersebut. Tampaknya, aplikasi tersebut digunakan untuk memberikan saran langkah dari permainan.

Mashable Langkah yang dijalaninya sama persis dengan yang ada di aplikasi
Kala pertandingan itu, Nigalidze dan Petrosian sedang berada di ronde keenam dalam kompetisi berhadiah 12.000 dollar AS bagi sang jawara.

Setelah ketahuan "mempercayakan" langkah buah catur pada iPhone, bagaimana dengan nasib Nigalidze? Saat ini kasus tersebut sedang ditangani oleh Federasi Catur Internasional. Jika terbukti bersalah, ia akan dilarang untuk mengikuti acara resmi catur selama tiga tahun mendatang.

Kasus yang dihadapi oleh Nigalidze sendiri bukan yang pertama untuk urusan kecurangan dengan memanfaatkan teknologi di Dubai Open. Di tahun 2008, seorang pecatur dari Iran dicekal setelah ketahuan menerima pesan SMS dari penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut dari internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com