Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bedakan Galaxy S6 Asli dan "KW"

Kompas.com - 16/04/2015, 14:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber YouTube
KOMPAS.com - Baru dijual di Amerika Serikat, versi tiruan dari Galaxy S6, smartphone terbaru Samsung, sudah beredar. Perangkat KW, istilah yang banyak digunakan untuk produk palsu, itu dikatakan sangat mirip dengan aslinya, bahkan sampai berhasil menipu reviewer profesional sekalipun.

Salah satu yang sudah "terjebak" dengan produk palsu ini adalah seorang pria asal Ukraina yang berdomisili di Amerika Serikat bernama Taras.

Ia merupakan pemilik kanal YouTube terkenal, TechRax.Kanal itu selama ini dikenal sebagai "penyiksa" gadget, gemar menguji daya tahan perangkat dengan cara yang sangat ekstrim.

Taras sendiri tidak mau menceritakan secara mendetail, bagaimana ia bisa sampai membeli perangkat palsu tersebut. Dia hanya menjelaskan, ada seorang pria berbaju rapi yang menghampirinya dan menawarkan Galaxy S6.

Tanpa ada rasa curiga, mungkin karena bentuknya yang mirip, Taras pun langsung membelinya. Tentu saja, Taras begitu kaget setelah meneliti perangkat tersebut. Galaxy S6 yang baru dibelinya ternyata palsu.

"Saya merasa bodoh karena tidak memperhatikan ponsel ini dengan baik. Saya hanya mengambilnya, mempercayainya, dan langsung pergi," kata Taras.

Cara membedakan antara Galaxy S6 asli dan KW

Sebagai pemilik akun YouTube terkenal, Taras pun langsung membuat video cara membedakan Galaxy S6 asli dan palsu.

Berdasarkan video yang diunggahnya, diketahui bahwa kotak penjualan dari versi asli dan palsu terlihat sangat mirip. Warnanya tidak jauh berbeda. Keduanya pun sama-sama tercetak kata "Galaxy S6" di bagian tengahnya.

Akan tetapi, kotak palsu tidak menyantumkan informasi perihal kapasitas memori internal di bagian depannya. Sementara itu, di kotak penjualan perangkat asli, terpampang jelas informasi tersebut.

Meski sama-sama mencantumkan sebuah label di bagian bawah, kotak penjualan perangkat yang palsu tidak dilampirkan dengan informasi yang mendetail di bagian label.

Sedangkan, label kotak penjualan asli terdiri dari berbagai informasi penting mengenai perangkat, seperti nomor serial dan kode dari perangkat.

"Rasakan saja kualitas kotaknya. (Kotak perangkat palsu) terasa terbuat dari bahan yang murah," ujar Taras.

Dari segi desain perangkat, keduanya benar-benar mirip. Jika tidak, bagaimana mungkin orang seperti Taras bisa tertipu, bukan?

Nah, untuk membedakannya, Taras menganjurkan orang yang ingin membeli perangkat ini untuk mencoba menjalankan atau menggerakkan layar Home dengan cepat. Jika terasa lambat, perangkat itu kemungkinan palsu.

Pasalnya, Galaxy S6 dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kecil kemungkinan perangkat ini memiliki respon yang lamban.

"Ingat saja, ini adalah Galaxy S terbaru. (Jika lamban) ia pasti produk palsu," lanjutnya.

Satu pembeda lain datang dari segi material casing. Menurut Taras, bagian belakang Galaxy S6 yang asli akan dilindungi dengan lapisan kaca. Sementara itu, perangkat palsu ternyata hanya dilengkapi casing berbahan plastik.

Berikut video cara membedakan Galaxy S6 asli dan KW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber YouTube



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com