Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sediakan Pembaca Tulisan "Cakar Ayam" di Android

Kompas.com - 17/04/2015, 13:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Mengetik di layar sentuh ponsel pintar rentan menyebabkan kesalahan penulisan kata. Jari-jari manusia kadang menjadi terlalu besar untuk menekan huruf-huruf di layar sentuh yang semuanya menyatu dan relatif kecil.

Beberapa pabrikan perangkat mulai merevolusi cara pengetikan dengan menggunakan suara. Namun, ini pun tak menjadi solusi. Terkadang, di kondisi-kondisi tertentu, pengguna tak ingin berbicara dengan sebuah perangkat tak hidup.

Kini, inovasi kembali ditelurkan Google melalui aplikasi "Google Handwriting Input for Android". Dilansir KompasTekno, Kamis (16/4/2015), dari Engadget, aplikasi ini sudah tersedia di toko aplikasi Play Store.

Kemampuannya dapat mengonversi tulisan tangan pengguna ke dalam huruf komputer. Pengguna bakal merasakan pengalaman mengetik yang tak berbeda dengan menulis menggunakan tangan di secarik kertas.

Takut aplikasi ini tak bisa membaca tulisan "cakar ayam" Anda? Tak perlu khawatir.

Aplikasi terbaru ini dirancang untuk menyesuaikan berbagai macam gaya tulisan pengguna, mulai dari yang apik hingga yang abstrak sekalipun. Aplikasi ini dibuat super-peka untuk menangkap maksud tulisan pengguna.

Tak hanya itu, aplikasi ini mengerti 82 bahasa yang ada di seluruh belahan dunia. Emoji yang dibuat dengan tulisan tangan juga bisa diuraikan ke dalam emoji digital yang tersemat di perangkat.

Andrew Tarantola dari Engadget telah mencoba aplikasi ini di ponsel Nexus 6 miliknya. Ia pun telah melihat bukti nyata bahwa tulisannya yang rumit bisa terbaca dan terkonversi ke huruf digital sesuai dengan yang ia maksudkan.

Namun, Tarantola masih meragukan isu privasi dari aplikasi ini. Menurut asumsinya, bisa saja semua teks yang di-input ke dalam aplikasi tersebut diretas oleh para peretas. Google pun belum menanggapi isu keamanan pada aplikasi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com