Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Barbie, Google Dianggap Bias Jender

Kompas.com - 17/04/2015, 19:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Berapa banyak pemegang jabatan chief executive officer (CEO) alias direktur utama perusahaan yang berjenis kelamin perempuan? Menurut hasil pencarian Google Image Search, posisi eksekutif tertinggi ini masih didominasi oleh kaum adam.

Saking dominannya, ketika mencari gambar di Google dengan kata kunci "CEO", perwakilan perempuan pertama yang muncul dalam hasil pencarian adalah sebuah boneka barbie dengan dandanan necis.

Itu pun bukan barbie "sungguhan", melainkan gambar yang sengaja dibuat oleh situs web satire The Onion tahun 2005, berisi sindiran terhadap persepsi bahwa kaum hawa tak akan bisa naik ke posisi puncak di perusahaan.

Hasil pencarian Google yang tidak menyajikan representasi jender dalam pekerjaan secara berimbang ini menjadi sorotan sebuah studi yang diadakan oleh University of Washington.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Business Insider, Jumat (17/4/2015), hasil pencarian seperti ini bakal berkontribusi ke pemikiran yang bias jender bagi pengguna search engine Google, terutama dalam kaitannya dengan bidang pekerjaan tertentu.

Soal pencarian CEO tadi, misalnya, dari foto-foto direktur utama yang disajikan Google Image Search, hanya 11 persen di antaranya yang berjenis kelamin perempuan.

Angka itu lebih sedikit dari jumlah CEO perempuan yang sebenarnya. Di Amerika Serikat saja sebanyak 27 persen posisi CEO perusahaan dipegang oleh kaum hawa.

Sebaliknya, ada beberapa posisi lain yang oleh mesin pencari diidentikkan dengan perempuan, seperti telemarketer, yang 64 persen hasil pencariannya menunjukkan gambar perempuan, meski dalam kenyataan proporsi pria dan wanita dalam bidang pekerjaan itu berimbang 50-50.

Meski demikian, bukan hanya Google yang menyajikan hasil pencarian "bias jender". Mesin-mesin pencari lain, seperti Yahoo dan Bing, pun setali tiga uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com