Kamera iPhone Masa Depan Sekualitas DSLR? - Kompas.com

Kamera iPhone Masa Depan Sekualitas DSLR?

Oik Yusuf
Kompas.com - 19/04/2015, 09:21 WIB
Apple Ilustrasi kamera pada iPhone 6

KOMPAS.com - Kemampuan dan kualitas kamera pada smartphone terus ditingkatkan. Ini pula agaknya yang menjadi motivasi Apple dalam mengakuisisi LinX, sebuah perusahaan pembuat modul kamera asal Israel.

Berdasarkan informasi yang dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Sabtu (19/4/2015), LinX yang dibeli Apple seharga 20 juta dollar ini membuat modul-modul kamera smartphone dan tablet dengan teknologi "multiple aperture imaging".

Gambar-gambar hasil tangkapan modul kamera LinX disebut memiliki kualitas setara kamera digital DSLR meski ukurannya jauh lebih kecil.

"Kamera kami menetapkan standar baru untuk parameter-parameter kualitas gambar seperti dalam pencahayaan rendah, HDR, fokus, color fidelity, shutter lag, dan lain-lain," sebut LinX dalam sebuah pernyataan.

PetaPixel Modul kamera berteknologi multiple-aperture buatan LinX

Klaim "kualitas DSLR" mulai banyak digunakan di industri mobile. Selain LinX, pabrikan gadget Huawei telah pula menyebutkan bahwa smartphone P8 yang baru diluncurkannya memiliki kualitas tangkapan foto setara DSLR pula.

Di samping meningkatkan kualitas jepretan kamera, teknologi kamera multi-aperture besutan LinX juga menciutkan ukuran fisik lensa sehingga tak menonjol dari bodi ponsel, misalnya seperti pada iPhone generasi terbaru.

Apple sendiri kemungkinan bakal menerapkan teknologi LinX pada aneka gadget mobile buatannya, yakni iPhone, tablet iPad, bahkan mungkin juga jam pintar Apple Watch.

Teknologi LinX diperkirakan akan mulai bermunculan di produk Apple pada 2016 mendatang. Dalam menerapkan inovasi pengambil gambar ini, Apple diduga bakal menerapkan sistem dua lensa seperti pada HTC One (M8).

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM