Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan "Board Game" Kompas, 5 Kota 55 Prototipe

Kompas.com - 20/04/2015, 10:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi perancangan permainan papan "Board Game Challenge 2015" yang diadakan di lima kota telah menghasilkan 55 prototipe board game ciptaan anak bangsa.

Kompetisi dan workshop board game ini merupakan hasil kerja sama Harian Kompas dengan Kummara. Perlu diketahui, Kummara adalah perusahaan konsultan dan perancang board game asal Bandung.

Di era serba digital, masyarakat cenderung menggandrungi jenis permainan yang tersemat di perangkat elektronik. Misalnya PlayStation, XBox, atau game di smartphone dan tablet.

Jenis permainan papan (board game) yang dimainkan secara tradisional dan berkelompok cenderung ditinggalkan. Nah, untuk membangkitkan kembali semangat bermain dan berkumpul lewat board game dibuatlah acara "Board Game Challenge 2015".

"Kita bisa lihat masih kurang board game Indonesia yang unjuk gigi di ranah internasional. Padahal kita punya konten budaya dan kearifan lokal yang patut di-explore lewat game," kata CEO Kummara Eko Nugroho pada acara penutupan Board Game Challengekepada KompasTekno.

Acara ini berlangsung di lima kota, yakni Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta, dari 6 Maret hingga 19 April 2015.

Jakarta menjadi kota terakhir tempat penyelenggaraan. Minggu (19/04/2015), "Board Game Challenge" resmi ditutup di Jakarta, sekaligus menyudahi rangkaian acara di lima kota tersebut.

Seperti di kota-kota sebelumnya, "Board Game Challenge" di Jakarta berlangsung tiga hari berturut-turut, yakni dari 17 hingga 19 April.

Ada 17 tim yang menyanggupi tantangan rangkaian acara workshop dan kompetisi yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna Kompas Jakarta tersebut.

Satu tim terdiri dari dua hingga empat orang. Selama tiga hari, mereka berusaha menyerap ilmu yang diberikan dan mengimplementasikannya pada proyek final yang ditantang, yakni membuat prototipe board game.

Khusus untuk Jakarta, semua tim diimbau membuat rancangan board game yang mengangkat kearifan lokal Jakarta. Tema besarnya adalah "The Dreams of Jakarta".

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Salah satu prototipe Board Game buatan tim peserta

Minggu depan, bakal diumumkan lima finalis dari tiap kota yang mengikuti acara. Artinya, bakal ada 25 tim pembuat prototipe board game paling berkualitas dari berbagai daerah.

Mereka akan kembali diadu di acara puncak "Board Game Challenge 2015" yang rencananya diselenggarakan Juni mendatang di Jakarta. Setiap tim finalis, diimbau membuat dua rangkap jenis prototipe Board Game.

Maka, akan ada 50 total prototipe board game di puncak acara nantinya. "Ini sekaligus merayakan ulang tahun Harian Kompas ke-50," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com