Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ingin Nama Pengguna Diucapkan dengan Benar

Kompas.com - 21/04/2015, 12:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Yahoo Tech
KOMPAS.com - Facebook melakukan eksperimen baru untuk layanannya. Jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini sedang menguji coba fitur yang bakal jadi solusi atas kesalahan pengucapan nama seseorang.

"Kami telah melakukan tes kecil untuk mengindikasi bagaimana nama pengguna dilafalkan. Cara pelafalan bakal ditampilkan di profil pengguna seiring dengan opsi untuk mendengar audio penyebutan namanya," kata perwakilan Facebook, sebagaimana dilaporkan YahooTech dan dihimpun KompasTekno, Senin (20/4/2015).

Seperti diketahui, Facebook digunakan hampir semua orang yang mengenal peradaban teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini, penduduk dunia terdiri dari banyak etnis dan bahasa.

Nama-nama penduduk dari daerah satu terkadang menjadi aneh ketika didengar oleh penduduk dari daerah lainnya. Pun berlaku sebaliknya. Alhasil, kesalahan pelafalan nama seseorang kerap terjadi. Berangkat dari kasus tersebut, muncul ide Facebook membuat fitur anti kesalahan pelafalan nama pengguna ini.

Yahoo Tampilan fitur pengejaan nama di Facebook yang sedang diuji coba
Karena baru eksperimen, tak semua pengguna Facebook bisa menikmati fitur ini. Jika ingin mengecek apakah Anda adalah pengguna yang kebagian kesempatan menguji fitur ini, Anda bisa masuk ke profil Facebook Anda melalui situs Facebook di PC.

Setelahnya, pilih tab 'About' atau 'Tentang'. Dari situ, Anda bisa memilih "Details About You". Jika muncul pilihan 'How do yous say your name?', berarti Anda bisa memilih pelafalan mana yang sesuai dengan nama Anda.

Belum jelas kapan fitur ini dirilis secara resmi untuk semua pengguna. Yang jelas, dari eksperimen yang sedang berlangsung, Facebook bakal menghimpun berbagai evaluasi untuk pematangan fiturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yahoo Tech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com