BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Apa Beda Oppo R1 dengan R1X?

Kompas.com - 22/04/2015, 14:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Dalam hitungan beberapa pekan lagi, Oppo akan mengeluarkan ponsel R1X untuk Indonesia. Ponsel tersebut dibuat dengan desain unik, yaitu panel belakang berpola potongan berlian atau diamond cut.

Selain soal pola berlian itu, R1X juga disebut sebagai pengembangan dari seri R1 yang sudah lebih dulu hadir. Tubuhnya sama-sama dirangkai dari bahan kaca dan rangka alumunium.

Namun sebuah penerus, apakah kelebihan lain ponsel pintar R1X ini dibanding generasi sebelumnya?

Seperti dikutip KompasTekno dari keterangan resmi Oppo, Rabu (22/4/2015), ponsel mutakhir itu kemungkinan akan memiliki otak pemrosesan berupa Cortex-A7 hexa-core 1.5GHz serta RAM 2GB. Dari sisi RAM yang berguna menunjang proses pemakaian aplikasi, telrihat sebuah peningkatan.

RAM pada Oppo R1 hanya 1 GB. Prosesor yang digunakan seri lawas itu pun cuma memiliki empat otak pemrosesan, meski sama-sama keluaran MediaTek yang digunakan R1X.

Pemutakhiran lain dapat ditemukan pada bagian kamera. R1X menggunakan kamera berketajaman 13 megapiksel, lebih tinggi bila dibanding pendahulunya yang hanya 8 megapiksel. Selain itu juga terdapat teknologi Pure Image, serupa dengan milik R5.

Teknologi pengolahan gambar ini berguna memberikan beragam mode pemotretan seperti Ultra-HD 50MP, RAW Image dan Expert mode. Kedua kamera depan lini “R Series” OPPO ini tetap menggunakan 5MP dengan gold-angle lens yang dikembangkan khusus untuk foto selfie.

R1X pun dapat mengakomodir penggunakan dua kartu SIM. Namun pengguna mesti memilih, karena slot kartu SIM kedua juga berfungsi sebagai slot MicroSD dan cuma bisa digunakan sebagai salah satunya saja.SIM bisa digunakan sebagai slot micro SD dengan kapasitas hingga 128GB jika tidak digunakan.

Kemungkinan tidak akan ada perubahan pada harga R1X, jika dibandingkan dengan harga R1. Oppo sendiri membanderol R1 senilai Rp 4,999 juta saat pertama kali meluncurkannya ke Indonesia.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com