Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revo One, Media Center Mini dari Acer

Kompas.com - 25/04/2015, 10:25 WIB
Deliusno

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Melalui ajang Next@Acer 2015, perusahaan asal Taiwan tersebut tampak ingin menunjukkan bahwa mereka masih sangat serius bermain di industri PC. Berbagai perangkat PC diperkenalkan, salah satunya adalah Revo One.

Perangkat ini masuk ke kategori Mini PC. Oleh karena itu, Acer mendesain perangkat tersebut dengan ukuran sekecil mungkin.

Saat dijajal langsung oleh KompasTekno di tempat acara, gedung 4 World Trade Center, New York, AS, perangkat ini memang terlihat sangat mini ketimbang produk PC pada umumnya. Saking kecilnya, ia dapat diangkat dengan menggunakan satu tangan saja.

Sebagai gambaran, Revo One memiliki dimensi 106,5 x 106,5 x 155 mm. Bobotnya hanya 1,1 kg.

Perangkat ini memiliki fungsi seperti PC pada umumnya. Berjalan di sistem operasi Windows 8.1, pengguna dapat berselancar di dunia maya; menjalankan aplikasi, seperti Microsoft Office; dan menonton video.

Meski dapat bekerja sebagai PC pada umumnya, Acer menargetkan penggunaan Revo One sebagai media center di rumah atau pusat data mini di kantor-kantor kecil.

Harapannya, pengguna bisa menaruh semua data digital, baik itu milik pribadi atau untuk kepentingan bersama, dalam perangkat tersebut.

Pengguna nantinya bisa memasukkan tiga buah harddisk berukuran 2,5 inci ke dalam perangkat tersebut. Kapasitas maksimal tiap harddisknya adalah sebesar 2 TB. Itu artinya, pengguna bisa memiliki mini PC dengan kapasitas 6 TB.

Ia pun dapat difungsikan sebagai NAS, pengguna diberi kemampuan untuk mengakses file-file yang disimpan dalam Revo One melalui jaringan lokal dan dunia maya.

Deliusno/KompasTekno Tampak belakang Revo One dari Acer.
Acer juga menyediakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat tersebut dengan menggunakan smartphone atau tablet.

Selain bisa mengontrol perangkat, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk melihat data apa saja, seperti foto dan video, yang ada di Revo One.

Keunggulan lainnya, perangkat ini bisa menjalankan video dengan kualitas 4K dan suara dengan konfigurasi 7.1.

Ada berbagai konfigurasi spesifikasi yang ditawarkan oleh Acer untuk perangkat ini. Salah satunya adalah prosesor Intel Celeron 1,4 GHz dual core, RAM 2 GB, media penyimpanan SSD 60 GB, dan berjalan di sistem operasi WIndows 8.1. Perangkat dengan konfigurasi tersebut dijual dengan harga 419 dollar AS atau sekitar Rp 5,4 juta.

Sementara itu, terdapat juga Revo One yang dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i3.

Revo One sudah dijadwalkan untuk hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat ini. Akan tetapi, masih belum diketahui harga pastinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com