Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Haier Bisa Lacak Keberadaan Anak

Kompas.com - 26/04/2015, 12:34 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis


ST. JULIANS, KOMPAS.com
- Setelah tampil pada Mobile World Congress 2015 di Barcelona awal tahun ini, perusahaan elektronik asal Tiongkok, Haier, kembali mempertontonkan jam tangan pintar buatannya pada IFA 2015 Global Press Conference di Malta akhir pekan ini. Wearable device ini ditujukan untuk anak-anak maupun dewasa dan memiliki fitu melacak keberadaan penggunanya.

Jam tangan tersebut memiliki sebuah tombol darurat berwarna merah di bagian samping. Ketika tombol itu dipencet, jam tersebut akan mengirim panggilan darurat ke perangkat yang digunakan orangtuanya.

Dengan fitur global positioning system (GPS) pada jam tersebut, orangtua juga dapat mengatur lokasi spesifik yang dianggap aman bagi anak-anaknya, misalnya di sekolah atau sekitar rumah. Begitu anak keluar dari zona aman tersebut, maka orangtua akan mendapat alarm melalui peranti yang digunakannya. Dengan begitu, Anda akan tahu ke mana anak Anda pergi ketika harusnya ada di sekolah atau rumah. Jam ini juga dilengkapi mikrofon dan speaker sehingga penggunanya dapat saling berkomunikasi dengan yang lain.

Haier akan memasarkan jam tangan pintar tersebut pada September 2015. Untuk jam anak-anak, harganya sekitar 99 euro atau Rp 1,4 juta. Adapun jam untuk dewasa dilengkapi fitur yang lebih lengkap dengan banderol 129 euro atau Rp 1,82 juta.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Layar sentuh untuk operasional mesin cuci Intelius 2.0 dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan ponsel pintar.

Di acara yang sama, Haier juga memperkenalkan mesin cuci Intelius 2.0 yang memiliki dua tabung penggiling dengan kapasitas 12 kg. CEO Haier Eropa Yannick Fierling mengklaim mesin dapat mencuci lebih cepat dan hemat waktu serta dapat dikendalikan lewat ponsel pintar berbasis Android.

Bersamaan dengan itu, Haier juga memperkenalkan lemari es empat pintu dengan tiga kabin. Suhu pada ketiga kabin itu bisa diatur berbeda-beda disesuaikan dengan isinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com