Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Bakal Tutup Kantor Lagi

Kompas.com - 26/04/2015, 17:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry sedang mempertimbangkan untuk menutup kantornya yang berlokasi di Swedia. BlackBerry saat ini dikabarkan sedang membicarakan hal tersebut dengan karyawannya di Swedia.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Jumat (24/4/2015), sekitar 100 orang karyawan akan diberhentikan jika kantor BlackBerry Swedia jadi ditutup.

"Sembari mengejar rencana turnaround BlackBerry, kami juga fokus melakukan pengurangan karyawan global, termasuk penutupan kantor, termasuk kantor di Swedia," ujar juru bicara BlackBerry.

"Karena akan menentukan nasib sekitar 100-an karyawan, maka kami sedang membahasnya dengan serikat pekerja BlackBerry," imbuhnya.

Jumlah karyawan BlackBerry sendiri saat ini diperkirakan tersisa sekitar 7.000 orang di seluruh dunia. Pengurangan karyawan besar-besaran ini dimulai saat BlackBerry di bawah kepemimpinan CEO John Chen.

Pengurangan karyawan tersebut diikuti dengan strategi BlackBerry yang ingin memfokuskan diri kepada pengembangan keamanan mobile dan software produktivitas.

Kantor di Swedia tersebut diketahui memproduksi perangkat BlackBerry 10, yang mulai diperkenalkan pada tahun 2013 lalu. Sistem operasi baru tersebut gagal menyedot pengguna dari dominasi iOS dan Android. Pangsa pasar BlackBerry secara global bahkan tidak sampai 1 persen.

BlackBerry saat ini masih memproduksi perangkat BlackBerry 10, namun tidak membutuhkan banyak orang untuk menjalankan pengembangan bisnisnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com