Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual, Lensa Kamera Raksasa Buatan NASA

Kompas.com - 30/04/2015, 09:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Sebuah barang unik muncul di situs lelang eBay, bagian kamera film, bulan ini. Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, Kamis (30/4/2015), ia adalah sebuah lensa raksasa bernama Jonel 100 buatan lembaga antariksa AS, NASA.

Lensa jenis mirror telephoto dengan focal length 2540mm dan aperture f/8 tersebut berukuran jumbo, jauh lebih besar dari kamera medium format Hasselblad yang diselipkan dalam fotonya sebagai pembanding.

Penjualnya yang berlokasi di Jerman menyebutkan bahwa lensa-lensa ini dipakai NASA untuk mengamati dan mengambil gambar peluncuran wahana-wahana antariksa seperti roket Saturn V, juga pesawat ulang-alik Challenger yang meledak saat meluncur.

“Mereka (NASA) memakai kamera film 70 mm berkecepatan tinggi seperti Photosonics 70 mm 10R dengan frame rate 125 FPS di frame berukuran 6x6,” sebut si penjual dalam deskripsi barang dagangannya itu.

“Lensa ini menganut desain Schmidt-Cassegrain dengan dua elemen field corrector untuk menghasilkan format gambar 57 mm x 57 mm,” lanjutnya.

Karena ukuran si lensa yang terbilang sangat besar, bobotnya pun ikut membengkak, mencapai kisaran 80 kg sehingga membutuhkan alat bantu untuk dipasang ke kamera.

Harganya? Si penjual menyebutkan bahwa pemilik aslinya menukar “sebuah rumah keluarga” dengan lensa Jonel 100, entah dari mana.

Tapi di eBay ia ditawarkan dengan banderol 33.500 dollar AS atau sekitar Rp 434 juta. Tergolong “murah” dibandingkan lensa eksotik lain macam Canon EF 1200mm f/5.6L yang dijual salah satu retailer AS seharga 180.000 dollar AS atau lebih dari Rp 2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com